Kompas TV olahraga kompas sport

Shin Tae-yong: "Saya Harap Kompetisi Liga 1 dan 2 Bisa Segera Bergulir Kembali"

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 18:45 WIB
shin-tae-yong-saya-harap-kompetisi-liga-1-dan-2-bisa-segera-bergulir-kembali
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam sesi latihan Timnas U-19 di Spanyol (Sumber: pssi.org)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Belum ada kepastian kapan bergulir kembali kompetisi Liga 1 dan 2 membuat gundah Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong (STY).

Juru taktik asal Korea Selatan itu ingin agar dua kompetisi sepak bola profesional di Tanah Air itu kembali bergulir setelah kondisinya vakum lantaran pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai.

“Saya berharap kompetisi Liga 1 dan Liga 2 segera bergulir kembali secepatnya awal 2021 ini,” kata STY sebagaimana dikutip dari laman pssi.org, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga: Pelatih Shin Tae-yong Puas meski Timnas Indonesia U-19 Pulang Lebih Awal dari TC Spanyol

Harapan STY agar dua kompetisi itu digulirkan kembali adalah demi perkembangan sepak bola Tanah Air yang muaranya ke Timnas Indonesia.

“Tentu saya sebagai pelatih timnas Indonesia ingin Liga 1 dan 2 segera bergulir (kembali). Hal ini sangat penting karena saya bisa memantau para pemain dan melihat perkembangan mereka,” ungkap STY.

Dia melihat dengan adanya kompetisi resmi yang diputar kembali, maka para pemain khususnya yang menghuni skuat Timnas Indonesia akan selalu mendapatkan atmosfer pertandingan.

“Serta ujung sebuah kompetisi itu timnas. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub,” jelas sosok yang mengemban tugas melatih Timnas Indonesia U-19, U-23 dan Senior tersebut.

Baca Juga: Shin Tae-yong Bikin Akun Instagram, Netizen Langsung Serbu Kolom Komentarnya

Untuk itu, Shin Tae-yong berharap semua pihak mendukung federasi sepak bola Indonesia, PSSI, yang ingin menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 dan 2 pada awal tahun 2021 ini.

“Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan? Kompetisi merupakan jantung pembinaan, saya bisa saja mengambil pemain baru untuk skuat timnas U-19, U-23 maupun senior nantinya,” jelas pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Seperti diketahui, PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, terus berusaha agar dapat menggelar kompetisi Liga 1 dan 2 pada awal tahun 2021 ini.

Baca Juga: Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 Dilanjutkan di Jakarta, Shin Tae-Yong Panggil 38 Pemain

“Terkait kompetisi, PSSI bersama PT LIB terus mengusahakan agar kompetisi bisa berjalan lagi secepatnya. Koordinasi dan silaturahmi dengan berbagai pihak terkait terus dilakukan,” sambung Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

PSSI memastikan akan menjalankan liga dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi Covid-19.

Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi pun juga sudah dibuatkan regulasinya untuk diberikan kepada klub. Namun, jika harus berhenti, artinya kompetisi akan dilanjutkan pada musim 2021.

“Surat resmi kepada pihak kepolisian telah dilayangkan sebanyak tiga kali. Kini semua berpulang kepada pihak kepolisian. Apapun keputusan kepolisian, PSSI tunduk dan patuh,” tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x