Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Gempa Susulan, Pemprov Sulbar Pusatkan Pengungsi di Stadion Mamuju

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 16:20 WIB
antisipasi-gempa-susulan-pemprov-sulbar-pusatkan-pengungsi-di-stadion-mamuju
Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,2 SR (Sumber: antaranews.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

 

SULBAR, KOMPAS.TV- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan menempatkan para pengungsi korban gempa bermagnitudo 6,2 di Stadion Mamuju. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi gempa susulan yang terjadi.

Demikian dikemukakan Kepala Pelaksana BPBD Sulbar Darno Majid, Jumat (15/1/2021). “Tadi kesepakatan kita, titik pengungsi ditempatkan di stadion, di situ aman dan jauh dari potensi bila terjadi gempa susulan dan tsunami,” katanya.

Darno mengatakan penunjukkan lokasi di Stadion Mamuju dilakukan untuk memudahkan pengawasan hingga distribusi makanan. Ia menambahkan, stadion akan menjadi tempat aman dan nyaman untuk mengungsi di banding tempat lain.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Segera Lakukan Tanggap Darurat untuk Temukan Korban Gempa Sulbar

“Karena masih terasa gempa susulan dan ada kemungkinan potensi tsunami,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, Darno juga menyarankan warga untuk menghindari mengungsi ke gunung. Sebab, gempa susulan bisa berdampak pada longsornya lereng gunung.

“Jangan sampai mengungsi ke gunung, lantas gunung itu longsor,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendali Operasi BNPB, pukul 14.00 WIB, tercatat 34 orang meninggal dunia. Dari data 34 orang meninggal, 26 orang berada di Kabupaten Mamuju dan delapan di Kabupaten Majene.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x