Kompas TV video cerita indonesia

Kepala BKMG: Potensi Tsunami Jika Ada Gempa Susulan yang Kuat di Majene

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 14:15 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan ada potensi tsunami di Majene, Sulawesi Barat jika terjadi gempa susulan yang cukup kuat.

"Pusat gempa ada di pantai, memungkinkan terjadinya longsor bawah laut. Sehingga masih atau dapat pula berpotensi terjadi tsunami jika masih ada gempa susulan berikutnya," kata Dwikorita dalam jumpa pers daring, Jumat (15/1/2021).

Dwikorita meminta masyarakat di Majene untuk bersiaga. Ia meminta masyarakat menyiapkan jalur evakuasi jika terjadi gempa susulan.

Selain itu, ia juga memberi peringatan dini kepada masyarakat di tepi pantai. Masyarakat di lokasi itu diminta untuk segera evakuasi saat gempa susulan.

"Masyarakat di pantai dan merasakan guncangan gempa lagi, segera menjauhi pantai. Tidak perlu tunggu peringatan dini tsunami, karena kejadian tsunaminya bisa sangat cepat," ujarnya.

Dwikorita juga mengungkap wilayah Majene dan Mamuju memang masih berpotensi mengalami gempa susulan dengan kekuatan yang sama dengan dini hari tadi, ataupun lebih kuat. 

"Kami menganalisis, masih dimungkinkan adanya gempa susulan yang cukup kuat seperti dini hari tadi," kata Dwikorita.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.