Kompas TV bisnis kompas bisnis

Ini Dia Kebijakan Baru WhatsApp, Berikut Selengkapnya

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 11:46 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koneksi memang jadi penting saat pandemi. Nah bicara koneksi nih, di awal tahun ini Whatsapp memberi pengumuman kepada para penggunanya kalau mereka punya kebijakan baru, terkait data.

Ternyata ini bikin masyarakat Indonesia ketar-ketir. Nah pagi ini kita bahas soal Whatsapp.

Kalau anda pengguna Whatsapp, pekan lalu pasti menerima notifikasi di aplikasi, term and condition baru di layanan pesan ini. Di ketentuan ini tertulis, dengan mengetuk setuju maka ketentuan dan kebijakan privasi baru akan berlaku pada 8 Februari 2021.

Ini nih poin yang membuat pelanggan khawatir. Poin pertama dan kedua.

Karena Whatsapp dan Facebook adalah 1 perusahaan. Maka WA nanti akan menyerahkan semua data ke Facebook. Mulai dari jam berapa dan apa saja aktivitas anda di Whatsapp.

Lalu apa jaringan internet yang anda gunakan, nah sebenarnya sejak 2016, wa sudah punya term condition yang membuat wa bisa mengetahui alamat IP penggunanya, tapi kebijakan baru yang sekarang, data-data yang bisa diintin Whatsapp jadi lebih detik. Dan WA juga bisa melihat lokasi anda.

Lalu poin ketiga, komunikasi dengan pemilik akun bisnis. Kan sekarang ada nih WA for business, kalau misalnya anda chat dengan layanan ini, maka komunikasi anda bisa diberikan ke pihak ketiga, dengan alasan kepentingan bisnis.

Ada yang biasa saja menanggapi aturan itu, tapi banyak juga yang panik, sampai akhirnya pihak Whatsapp merilis klarifikasi soal kebijakan baru mereka.

Di kebijakan baru ini juga ada pernyataan bahwa WA tetap menawarkan enkripsi end to end, yang berarti WA dan pihak ketiga tak bisa membacanya.

Klarifikasi ini muncul pasca adanya migrasi dari pengguna whatsapp ke layanan pesan lain.

Jadi kebijakan baru ini hanya untuk WA for business,yang menggunakan pihak ketiga, alias yang berbayar.

Meski tetap ada potensi percakapan bisa disadap, misalnya ada memakai jaringan wifi umum.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.