Kompas TV entertainment lifestyle

Sampul Komik Tintin Lotus Biru Pecahkan Rekor Sebagai Komik Termahal dalam Sejarah

Jumat, 15 Januari 2021 | 00:24 WIB
sampul-komik-tintin-lotus-biru-pecahkan-rekor-sebagai-komik-termahal-dalam-sejarah
Sampul komik Tintin edisi kelima, The Blue Lotus, terjual seharga 2,3 juta Euro atau lebih dari 44 milyar rupiah pada Kamis (14/1) di Paris, Prancis. (Sumber: AP Photo / Michel Euler)

PARIS, KOMPAS.TV – Sampul komik Tintin karya seniman Belgia Herge akhirnya terjual pada Kamis (14/1) di Paris, Prancis seharga 2,6 juta Euro atau USD 3,1 juta atau lebih dari 44 milyar rupiah!

Dilansir dari Associated Press, penjualan yang digelar lewat lelang di rumah lelang Art Curial Paris ini memecahkan rekor sebagai buku komik paling mahal dalam sejarah. Harga penjualan sampul komik ini tidak termasuk biaya lelang.

Baca Juga: Sempat Ditolak Penerbit, Sampul Komik Tintin Diprediksi Pecahkan Rekor Komik Termahal dalam Sejarah

Sampul komik yang digambar pada tahun 1936 ini dilukis dengan menggunakan sapuan kuas tinta China, dan dimaksudkan sebagai sampul depan komik Tintin edisi The Blue Lotus (alias Lotus Biru dalam terjemahan bahasa Indonesianya) yang merupakan edisi kelima. Namun, karya ini tidak pernah terpampang menjadi sampul Lotus Biru karena ditolak lantaran dianggap terlalu mahal bila harus direproduksi dalam skala besar.

Baca Juga: Komik Tintin Terjual Mahal

Lotus Biru menggambarkan petualangan Tintin di Asia. Dalam komik tersebut, Tintin yang ditemani Snowy anjingnya yang setia, diceritakan melakukan perjalanan ke China selama masa invasi Jepang di tahun 1931 untuk menyelidiki dan mengekspos jaringan mata-mata Jepang, lingkaran penyelundupan narkoba dan aneka kejahatan lainnya.

Baca Juga: Gambar Langka Tokoh Tintin akan Dilelang di Paris

Penulis : Vyara Lestari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:12
GABUNGAN INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR INDONESIA (GAIKINDO): EKSPOR BUATAN MOBIL INDONESIA ANJLOK 30 PERSEN DI 2020   SEBANYAK 10 PENDAKI GUNUNG DEMPO MASUK DALAM DAFTAR HITAM KARENA MENGAMBIL KAYU PANJANG UMUR (CANTIGI)   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TELAH MENEMUI KPK DAN BPK UNTUK BAHAS VAKSIN COVID-19 MANDIRI ATAU BERBAYAR   KCI: DALAM MASA UJI COBA TERBUKA PADA 1-7 FEBRUARI 2021, CALON PENUMPANG KRL YOGYAKARTA-SOLO HANYA BAYAR TIKET RP 1   MULAI 1 FEBRUARI 2021, KCI UJI COBA KRL YOGYAKARTA-SOLO DENGAN PENUMPANG TERBATAS BAGI MASYARAKAT UMUM   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, HOAKS   BADAN PUSAT STATISTIK MENYATAKAN TERDAPAT 1,8 JUTA TENAGA KERJA DI INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAMPAK PANDEMI   DIREKTUR EKSEKUTIF CORE INDONESIA M FAISAL: PELAKU INDUSTRI MANUFAKTUR TERUS MENURUN SELAMA PANDEMI   LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN SEMARANG, JAWA TENGAH, MASUK ZONA MERAH PENYEBARAN COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SUDAH MEMINTA PEMERINTAH MENGAMBIL ALIH KOORDINASI PENANGANAN COVID-19 DI JABODETABEK    JELANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA, SEBANYAK 37 GURU DI PADANG PANJANG, SUMBAR, POSITIF COVID-19   MENSOS TRI RISMAHARINI SEBUT WARGA KORBAN LONGSOR DI MANADO , SULAWESI UTARA, AKAN DIRELOKASI KE RUSUN   MENTERI LHK KLAIM HULU DAERAH ALIRAN SUNGAI BARITO WILAYAH KALIMANTAN SECARA KESELURUHAN MASIH TERJAGA BAIK   LAYANI KEBUTUHAN MAKANAN KORBAN BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN, MARINIR TNI AL DIRIKAN DAPUR LAPANGAN