Kompas TV nasional politik

DPR Tanya PPATK Soal Transaksi Mencurigakan Calon Kapolri Listyo Sigit, Termasuk Istri dan Anak

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 23:08 WIB
dpr-tanya-ppatk-soal-transaksi-mencurigakan-calon-kapolri-listyo-sigit-termasuk-istri-dan-anak
Kabareskrim Komjen Sigit Listyo Prabowo saat memberikan keterangan dalam sesi jumpa pers di Mabes Polri (Sumber: Divisi Humas Polri)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi III DPR RI menggelar rapat dengar pendapat umum secara tertutup dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis (14/1/2021).

Rapat tersebut digelar sehari setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirim surat kepada DPR RI terkait calon Kapolri.

Seperti diketahui, dalam suratnya, Presiden Jokowi menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menggantikan Jenderal Idham Azis.

Baca Juga: Jika Terpilih, Komjen Listyo Sigit Bakal Pecahkan Rekor Usia Tito Karnavian sebagai Kapolri Termuda

Pada rapat kali ini, DPR RI bertanya kepada PPATK mengenai transaksi yang dianggap mencurigakan yang dilakukan Komjen Listyo Sigit yang kini masih menjabat Kepala Bareskrim Polri itu.

"Tadi sudah ditanya (ke PPATK) terkait apa saja transaksi yang mencurigakan baik dalam maupun luar negeri," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni.

Tak hanya itu, Sahroni mengatakan, pihaknya juga menanyakan kepada PPATK soal transaksi keuangan istri, anak, bahkan hingga teman dekat Komjen Listyo Sigit.

"Transaksi keuangan pasti, baik istri, anak, dan teman dekat atau rekan dari si calon (Kapolri) atau pun keluarganya," ucap Sahroni.

Baca Juga: Ini Pertimbangan Presiden Jokowi Ajukan Komjen Listyo sebagai Calon Kapolri

Adapun hasilnya, kata Sahroni, transaksi keuangan atau aliran dana dari calon Kapolri tersebut, baik dari dalam maupun luar negeri, masih dalam tahap wajar.

"So far, dalam tahapan wajar dengan laporan di LHKPN," ujar Sahroni.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.