Kompas TV internasional kompas dunia

Diperkirakan Rusuh, Washington DC Di-Lockdown Sepekan Jelang Pelantikan Biden

Kamis, 14 Januari 2021 | 22:25 WIB
diperkirakan-rusuh-washington-dc-di-lockdown-sepekan-jelang-pelantikan-biden
Tameng para tentara dibariskan di tanah berumput dengan latar Gedung Capitol berkubah di belakangnya. Foto diambil pada 13 Januari 2021. (Sumber: AP Photo / Andrew Harnik)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Sepekan jelang pelantikan Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden, ada pemandangan berbeda di ibukota Washington DC. Sejak Rabu (13/1) waktu setempat, tak ada mobil atau motor ataupun turis yang melintas di kawasan DC. Ruas-ruas jalan yang lengang sesekali dipecahkan oleh warga yang tengah olahraga atau kru konstruksi bangunan yang tengah bekerja. Gedung Capitol yang pekan lalu menjadi target empuk para pengunjuk rasa pendukung Trump, kini hanya bisa dilihat lewat sela-sela pagar besi hitam.

Dua blok dari Gedung Putih, sekelompok tentara berseragam Garda Nasional AS tampak turun dari sebuah bus dan berbaris menuju sebuah hotel. Sejak Rabu, lockdown diberlakukan di Washington dan akan berlangsung hingga pelantikan presiden AS pada 20 Januari mendatang.

Baca Juga: Amerika Bersatu! Itulah Tema Pelantikan Joe Biden Menjadi Presiden Amerika Serikat 20 Januari Nanti

“Jelas sekali kita berada di perairan yang asing," komentar Walikota Washington Muriel Bowser, merujuk pada situasi keamanan di ibukota AS jelang pelantikan Biden.

Pemberontakan disertai aksi kekerasan yang terjadi di Gedung Capitol pekan lalu oleh para pendukung petahana presiden AS Donald Trump, kata Bowser seperti dikutip dari Associated Press, “mempengaruhi cara kami melakukan pendekatan bekerja dengan mitra federal kami dalam merencanakan pelantikan (presiden) ke-59.”

FBI telah memperingatkan bahwa aksi protes bersenjata oleh para pendukung Trump tengah direncanakan di seluruh 50 ibukota negara bagian, juga di Washington, selama berhari-hari menjelang pelantikan Biden.

Baca Juga: FBI Peringatkan Ancaman Protes Bersenjata Jelang Pelantikan Biden

Penulis : Vyara Lestari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:00
PENCOPOTAN 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DARI TIM KEAMANAN BIDEN KARENA BERPOTENSI MEMILIKI PAHAM EKSTREMIS   SEBANYAK 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DICOPOT DARI TIM KEAMANAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH AS   MENLU AS MIKE POMPEO SEBUT TIONGKOK TELAH MELAKUKAN GENOSIDA TERHADAP ETNIK UIGHUR DI XINJIANG   LIGA 1 DAN LIGA 2 2020 DIBATALKAN KARENA PANDEMI KORONA   BNPB: JALUR MENUJU 5 DESA DI KECAMATAN ULUMANDA, SULBAR, SUDAH BISA DILALUI KENDARAAN RODA DUA   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, ADALAH HOAKS   KEMENDIKBUD: 30 RIBUAN SEKOLAH BELAJAR TATAP MUKA SAAT PANDEMI PER 14 JANUARI 2021   SEBANYAK 686 PENGUNGSI GEMPA DI MAJENE DAN MAMUJU, SULBAR, DIEVAKUASI KE KOTA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN   KPU CIANJUR TUNDA PLENO PENETAPAN BUPATI TERPILIH   ASOSIASI PEDAGANG DAGING INDONESIA (APDI) SEBUT PEMERINTAH AKAN MENGIMPOR DAGING SAPI DARI AUSTRALIA DAN MEKSIKO   KEMENDAG PATOK HARGA DAGING SAPI PALING MAHAL RP 130.000 PER KG   PROTES LONJAKAN HARGA DAGING SAPI DI RPH, PEDAGANG DAGING SAPI DI JABODETABEK MOGOK JUALAN   BMKG: SAAT INI SEBAGIAN BESAR WILAYAH INDONESIA MEMASUKI PUNCAK MUSIM HUJAN, WASPADA CUACA EKSTREM   PRESIDEN JOKOWI PERBOLEHKAN PENAMAAN PULAU, GUNUNG, DAN SUNGAI MENGGUNAKAN BAHASA ASING