Kompas TV regional berita daerah

Rumah Sakit di Daerah Telah Siapkan Dokter Vaksinator Covid-19

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 20:42 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Jember Jawa Timur telah menyiapkan dokter tenaga vaksinator beserta sarana dan prasarana klinik. Hal itu dilakukan untuk mensukseskan program vaksinasi covid-19 agar kekebalan kelompok cepat terbentuk.

Salah satunya adalah rumah sakit umum Kaliwates Kabupaten Jember Jawa Timur. Rumah sakit milik perkebunan tersebut menyiapkan 10 dokter tenaga vaksinator covid-19.

Baca Juga: Pakar Kimia Farmasi: Sangat Berbahaya Jika Penerima Vaksin Covid-19 Abai Jalankan 3M

Direktur RSU Kaliwates, Zunita Ahmadah Kusuma Dewi mengatakan bahwa mereka telah diberi pelatihan khusus oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur tentang cara memberikan vaksin kepada warga.

Mereka selanjutnya akan disiagakan secara bergantian di rumah sakit dengan menerapkan protokol khusus pemberian vaksin.

Pihak rumah sakit juga telah menyiapkan sarana dan prasarana klinik untuk vaksinasi dan sejumlah tempat untuk penyimpanan vaksin.

Bahkan pihak rumah sakit telah melakukan simulasi vaksinasi, yang dimulai dari alur pasien akan divaksin, ruang tunggu berjarak, pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh, dan pencatatan identitas.

Baca Juga: Pemerintah Buka Opsi Vaksinasi Mandiri untuk Karyawan, Begini Mekanisme dan Syaratnya

Kemudian pasien disuntik vaksin di ruang khusus dan menjalani pemeriksaan lanjutan selama 30 menit untuk mengetahui kondisi pasien.

Sejauh ini rumah sakit di Jember tengah menunggu kedatangan vaksin dan instruksi dari dinas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19.

 

#RumahSakit #Vaksinator #Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x