Kompas TV regional berita daerah

Tes Cepat Antigen Tersedia Di Stasiun Kereta Api

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 19:48 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Calon penumpang Kereta Api jarak jauh mulai ramai di fasilitas layanan tes cepat antigen, yang berada di Stasiun Kertapati Palembang.

Menyusul edaran terbaru Kemenhub, hasil non reaktif tes antigen menjadi syarat naik Kereta Api.

Fasilitas layanan tes cepat antigen di Stasiun Kertapati Palembang, mulai ramai dikunjungi calon penumpang sejak 3 hari terakhir.

Hal itu menyusul surat edaran  Kementerian Perhubungan Nomor 4 tahun 2021, yang mengharuskan penumpang KA jarak jauh di Jawa dan Sumatera pada 9 hingga 25 Januari 2021, memiliki hasil negatif tes usap PCR atau non reaktif tes cepat antigen.

Hasil tersebut dikeluarkan maksimal dalam 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Namun syarat tersebut tidak diwajibkan untuk penumpang berusia di bawah 12 tahun.

KAI Divre III Palembang, selain stasiun Kertapati layanan tes cepat antigen juga tersedia di Stasiun Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Tebing Tinggi dan Lubuk Linggau.

Layanan ini bekerjasama dengan PT RNI dengan biaya Rp 105 ribu rupiah. Layanan ini hanya dikhususkan untuk calon penumpang KAI.

Selama 3 hari sejak dibuka pertama, sudah 740 penumpang yang melakukan tes antigen di Stasiun.

Syarat tes cepat antigen, tak menyurutkan minat warga menaiki moda transportasi satu ini, mereka lebih aman dan nyaman di perjalanan meski dalam masa pandemi covid-19.

Mencegah penularan covid-19, KAI juga menerapkan protokol kesehatan ketat dengan mewajibkan pemeriksaan suhu, pemakaian masker medis dan pelindung wajah, serta membatasi kapasitas kereta maksimal 70 persen.

#KeretaApi #TesCepatAntiGen #Stasiun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x