Kompas TV nasional peristiwa

Program Menteri Sandiaga Uno di Tahun 2021: Gercep, Geber dan Gaspol

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 17:16 WIB
program-menteri-sandiaga-uno-di-tahun-2021-gercep-geber-dan-gaspol
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terpilih Sandiaga Uno memberikan sambutan usai diperkenalkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (22/12/2020). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rapat kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Komisi X selain rapat perkenalan juga memaparkan program kerja  pada tahun 2021, di Komplek Parlemen, Kamis (14/1/2021). 

Dalam paparannya, Sandi mengemas apa yang bakal dikerjakan di tahun 2021 dengan istilah "Gercep, Geber dan Gaspol."  Menurut Sandi, Gercep artinya gerak cepat, geber artinya gerak bersama dan gaspol berarti garap semua lapangan kerja. 

Namun, di tengah pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, harus tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan. "Kesehatan, keamanan dan pemulihan ekonomi itu setara," katanya. Karena itu, progam vaksinasi yang sedang berjalan tujuannya agar perekonomian Indonesia pulih. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Sandiaga Libatkan Pesantren dalam Pariwisata

"Pariwisata tidak mungkin bangkit kalau tidak menurunkan Covid-19. Ini cobaan luar biasa," ujarnya.

Karena itu, Sandi menegaskan kembali bahwa menurunkan lonjakan Covid-19 tidak ada toleransi. Hal itu untuk akselarasi pemulihan ekonomi. 

Sementara untuk promosi pariwisata, Sandi akan menggunakan prioritas big data. Hal ini berkaitan dengan pemetaan potensi dan infrastruktur kekinian. 

Salah satu yang akan terus digalakan dalam industri pariwisata adalah sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability). 

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Bertemu Menkes Bahas Protokol Kesehatan Sektor Pariwisata

Sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

  
    



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x