Kompas TV nasional peristiwa

Kapal Tiongkok Terdeteksi di Perairan Selat Sunda, BAKAMLA Berhasil Bayangi Sampai Keluar ZEEI

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 17:16 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Keamanan Laut, berhasil membayangi kapal survei Tiongkok, Xiang Yang Hong 03 yang terbukti Automatic Identification System atau AIS ketika melintasi perairan Selat Sunda.

Operasi membayangi Kapal Tiongkok ini bermula ketika pusat komando dan pengendalian BAKAMLA mendeteksi kapal survei Tiongkok yang tengah berlayar di perairan Selat Sunda.

Kapal tersebut diketahui telah mematikan AIS atau sistem tracking informasi kapal sebanyak tiga kali, yakni saat melintasi Laut Natuna Utara, Laut Natuna Selatan dan Selat Karimata.

KN Pulau Nipah 321 milik Indonesia berhasil menggiring kapal survei milik Tiongkok tersebut keluar dari Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia pada pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan hasil komunikasi dan identifikasi diketahui bahwa kapal ini bertolak dari Tiongkok menuju Samudera Hindia dan melewati perairan Indonesia menggunakan hak lintas alur kepulauan.

Dari keterangan yang diberikan, penyebab tidak terdeteksinya AIS sebanyak tiga kali ini karena adanya kerusakan pada sistem tersebut.

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.