Kompas TV nasional update

PP Pemuda Muhammadiyah Minta DPR Bedah Tuntas Visi Misi Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Kompas.tv - 14 Januari 2021, 13:43 WIB
pp-pemuda-muhammadiyah-minta-dpr-bedah-tuntas-visi-misi-calon-kapolri-listyo-sigit-prabowo
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto di kompleks parlemen, Kamis (17/1/2019) (Sumber: KOMPAS.com/JESSI CARINA )
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo tinggal menjalani fit and proper test di hadapan DPR RI sebagai salah satu syarat baginya yang menjadi calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah pun meminta kepada wakil rakyat untuk secara benar dan profesional menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan kepada Listyo Sigit Prabowo.

“Pemuda Muhammadiyah meminta DPR RI, khususnya Komisi III DPR RI untuk menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan secara profesional,” kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, kepada awak media.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif: Selamat Buat Jendral Listyo Sigit sebagai Calon Tunggal Kapolri

Dilansir Kompas.tv dari siaran pers Divisi Humas Mabes Polri, Kamis (14/1/2021), mekanisme fit and proper test harus dilakukan DPR secara profesional guna membedah berbagai visi dan misi serta program unggulan yang akan dilakukan Komjen Listyo Sigit Prabowo saat memimpin Korps Bhayangkara nantinya.

Fit and proper test ini fase yang sangat penting juga,” imbuh dia.

Baca Juga: Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Berstatus Non Muslim, Ini Kata PBNU

Tak hanya itu, ungkap Sunanti, proses uji kelayakan itu juga sebagai instrumen para wakil rakyat menyalurkan berbagai aspirasi masyarakat terhadap Polri.

“Harapan masyarakat kepada institusi Polri agar semakin terpercaya, modern dan profesional benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat,”jelas Sunanto.

PP Pemuda Muhammadiyah, kata Sunanto, juga menyambut baik pilihan Presiden Jokowi atas penunjukkan mantan ajudannya itu sebagai calon tunggal Kapolri.

Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (kanan depan) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (kiri depan) saat memberikan keterangan pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/12/2020). (Sumber: Kompas TV)

Menurut dia, seorang Presiden Jokowi tentunya sudah memiliki pertimbangan matang baik dari segi rekomendasi nama dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri dan juga Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

“Selain itu, sebagai mantan ajudannya, presiden tentu mengenal sosok dan sepak terjang Komjen Sigit sehingga kemudian dipercaya untuk memimpin Polri,”tegas Sunanto.

Baca Juga: Jika Terpilih, Komjen Listyo Sigit Bakal Pecahkan Rekor Usia Tito Karnavian sebagai Kapolri Termuda

Secara khusus, lanjut dia, Pemuda Muhammadiyah berharap kepada Komjen Listyo Sigit segera bekerja keras menyiapkan berbagai program penegakan hukum, pengayoman masyarakat yang tanpa pandang bulu, mendekat pada keadilan sosial dan perlindungan total pada masyarakat.

“Komjen Sigit juga harus mampu menjawab berbagai tantangan dan tren kejahatan yang saat ini bermetarfosa dalam berbagai bentuk. Baik cara, teknologi dan pola kejahatan yang mengalami perubahan cepat,”tandas Sunanto.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x