Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Virus Corona Kembali Melonjak, China Lakukan Pengujian pada Jutaan Orang

Kamis, 14 Januari 2021 | 05:20 WIB
kasus-virus-corona-kembali-melonjak-china-lakukan-pengujian-pada-jutaan-orang

 

Petugas yang mengenakan APD mengambil sampel untuk tes virus corona di Shenyang, Provinsi Liaoning, China, Senin, 11 Januari 2021. Saat ini lockdown telah diperluas dan konferensi politik besar di sebuah propinsi harus ditunda, karena kembali merebaknya wabah Covid-19 di China. (Sumber: Yao Jianfeng / Xinhua melalui AP)

BEIJING, KOMPAS.TV – Jutaan orang berbaris di bawah suhu yang membeku untuk melakukan putaran kedua tes virus corona di propinsi Hebei, China, Rabu (13/1/2021). Propinsi ini berada di jantung wabah Covid-19 paling serius di China saat ini.

Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan bahwa 90 kasus virus corona telah dikonfirmasi di provinsi Hebei, yang beribukota Shijiazhuang. Sedangkan sebanyak 16 kasus lainnya dilaporkan di provinsi timur laut Heilongjiang dan satu lainnya di provinsi utara Shanxi.

China yang merupakan tempat virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, sebenarnya telah menekan penyebaran virus gelombang pertama. Pihak berwenang pun telah mendorong untuk memvaksinasi 50 juta orang pada pertengahan Februari.

Baca Juga: China Gratiskan Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri untuk Seluruh Warganya

Namun wabah kembali merebak di propinsi Hebei. Wabah di Hebei menjadi perhatian khusus, karena propinsi itu dekat dengan Beijing. Perjalanan dari dan ke tiga kota, Shijiazhuang, Xingtai dan Langfang, telah ditutup. Penduduk juga diminta untuk tetap tinggal di rumah sampai minggu depan.

Sekitar 10 juta warga Shijiazhuang telah diperintahkan untuk menjalani pengujian putaran kedua saat pihak berwenang berusaha mengisolasi sumber wabah.

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:54
17 ANGGOTA TIM POSITIF COVID-19, BENFICA MINTA DEPARTEMEN KESEHATAN TUNDA JADWAL PERTANDINGAN SELAMA DUA PEKAN   KLUB SEPAK BOLA PORTUGAL BENFICA UMUMKAN 17 KASUS POSITIF COVID-19 DALAM JAJARAN PEMAIN, PELATIH, DAN OFISIALNYA   ATALANTA GAGAL MENEMBUS 5 BESAR KLASEMEN SEMENTARA SEUSAI BERMAIN IMBANG 1-1 LAWAN UDINESE   MANCHESTER CITY BERHASIL GESER POSISI LEICESTER CITY DI PUNCAK KLASEMEN SEMENTARA SEUSAI BUNGKAM ASTON VILLA 2-0   HARI INI KRISTEN GRAY, WARGA AS YANG MEMBUAT KONTEN DI MEDSOS YANG MERESAHKAN MASYARAKAT, DIDEPORTASI DARI BALI   RATUSAN PENGUNGSI BANJIR DI MASJID AL KAROMAH DI MARTAPURA, KALIMANTAN SELATAN, MULAI MENGELUH SAKIT   HARI INI MENJADI HARI TERAKHIR PERPANJANGAN KEDUA MASA OPERASI PENCARIAN PESAWAT SRIWIJAYA SJ-182   SIANG INI KOMISI III DPR BERENCANA GELAR RAPAT PARIPURNA MENYETUJUI KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SEBAGAI KAPOLRI BARU   MESKI TRUMP SUDAH TAK JADI PRESIDEN, SENAT AS MASIH AKAN GELAR SIDANG DAKWAAN PEMAKZULAN YANG DIAJUKAN DEMOKRAT DI DPR   TRUMP JADI PRESIDEN PERTAMA YANG TAK HADIRI UPACARA PELANTIKAN PRESIDEN PENGGANTINYA SEJAK ANDREW JOHNSON PADA 1869   SEMBILAN FRAKSI DI KOMISI III DPR MENYETUJUI PENCALONAN KOMJEN LISTYO SIGIT SEBAGAI KAPOLRI   HAKIM AGUNG ANDI SAMSAN NGANRO TERPILIH MENJADI WAKIL KETUA MA BIDANG YUDISIAL   JUBIR VAKSINASI KEMENKES, SITI NADIA TARMIZI, MENYEBUT SEKITAR 50.000 TENAGA KESEHATAN TELAH DIVAKSIN COVID-19   PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) DI JAWA DAN BALI AKAN DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN