Kompas TV video cerita indonesia

Menlu RI Terpilih Pimpin Kerja Sama Vaksin Covax-AMG EG

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 22:41 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terpilih dalam memimpin program vaksin corona Covax AMC Engagment Group yang diinisiasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual pada Rabu (13/1) Retno mengatakan indonesia menerima suara tertinggi dari negara anggota. Ia menegaskan ini merupakan kepercayaan terhadap kepemimpinan Indonesia dalam mendorong kerja sama internasional dala menghadapi wabah virus covid-19.

Covax AMC-EG akan terdiri atas Menlu RI Retno Marsudi, Menteri Pembangunan Internasional Kanada, Karina Gould dan Menteri Kesehatan Ethiopia, Lia Tadesse.

“ini merupakan tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara melalui jalur multilateral. Tanggung jawab besar ini kita upayakan untuk ditunaikan sebanyak mungkin,”ujar Retno.

Covax-AMC EG adalah forum antar negara AMC dengan negara-negara donor atau pengadaan dan distribusi vaksin untuk negara AMC.

Covax Facility menargetkan pengadaan vaksin untuk 20 persen populasi tiap negara AMC dan mendukung kesiapan negara AMC untuk vaksinasi nasional.

"Target ini bukan hal mudah baik dari sisi sumber daya, sampai kesiapan semua negara dalam menerima vaksin-vaksin tersebut. Namun kita yakin dengan kerja sama erat dari semua negara, maka target mulia ini dapat dijalankan," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x