Kompas TV internasional kompas dunia

5 Poin Hasil Pertemuan Menlu Retno dengan Menlu China Wang Yi

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 18:56 WIB
5-poin-hasil-pertemuan-menlu-retno-dengan-menlu-china-wang-yi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri China, Wang Yi di Jakarta. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan ada 2 topik utama yang dijalin Indonesia dengan China.

“Kita berdua menyadari tahun 2021 dunia masih menghadapi tantagnan pandemi covid-19.Kerja sama kesehatan dan ekonomi menjadi topik pembicaraan kami berdua.”ucap Menlu Retno dalam keterangan pers pada Rabu (13/1/2021).

Lebih lanjut Menlu Retno juga merangkum 5 poin hasil kerja sama Indonesia dan China, atas pertemuannya bersama Menteri Luar Negeri China, Wang Yi di Jakarta.

1.    Kerja sama membangun ketahanan kesehatan

“Ke depan saya menyampaikan ke Wang Yi rencana Indonesia membangun ketahanan kesehatan dalam kemandirian industri obat,”ungkap Retno

2.    Kerja sama ekonomi, pentingnya kerja investasi dalam sinergi yang menguntungkan.

Pada poin ini Retno menekankan kerja sama terkait ekspor Indonesia ke China, Mou Pre-Feasibility Study Bendungan Lambakan di Kalimantan Timur, untuk mengendalikan banjir dan mengairi lahan pertanian.

3.    Isu perlindungan ABK di kapal ikan China.

Menlu Retno meminta perhatian pemerintah China terkait pemulangan ABK, hak ketenagakerjaan, dan penegakan hukum pekerja.

4.    Konsep implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, agar tetap damai dan kondusif.

5.    Menggarisbawahi pentingnya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan, khususnya Laut China Selatan.

Sebelum bertemu Retno di Jakarta, Menlu China berada di Toba pada Selasa (12/1/2021), didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.