Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Bambu Menjadi Furnitur Bernilai Jual Tinggi

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 18:12 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Memanfaatkan banyaknya pohon bambu, seorang pria di Kabupaten Kediri sukses mendirikan usaha furnitur bernilai jual tinggi. Bagusnya kualitas produk yang dihasilkan membuat kerajinan dari bambu tersebut telah terjual ke seluruh Indonesia.

Para pekerja di rumah kerajianan Mujiana di kecamatan Gurah kabupaten Kediri ini selalu sibuk membuat berbagai kerajinan. Sejumlah batang bambu oleh para pekerja disulap menjadi berbagai furnitur yang bernilai jual tinggi.

Sang pemilik usaha adalah Mujiana. Pria berusia 50 tahun tersebut memutuskan terjun ke dunia mebel bambu, setelah melihat banyaknya pohon bambu yang tidak termanfaatkan.

Dari situlah bapak 2 anak tersebut kemudian mencari referensi dan mengikuti pelatihan tentang pengolahan bambu. Mujiana yakin bahwa bambu yang tidak termanfaatkan itu nantinya dapat dibuat kerjinan bernilai jual tinggi.

Kini setelah 10 tahun berjalan, berbagai kerajinan dan furnitur dari bambu telah terjual ke berbagai daerah di Indonesia. Omzet yang dihasilakn juga mencapai puluhan juta rupiah.

Selain mampu meningkatkan nilai jual bambu, dari usaha kerajinan tersebut Mujiana juga dapat memberdayakan warga sekitar.

Produk yang dihasilkan mujiana bervariasi mulai dari piring hingga meja dan hiasan dinding. Harganya juga bermacam-macam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung ukuran dan jenis produk.

#Kediri #Kerajinan #Limbah #Bambu #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x