Kompas TV nasional update

Jika Terpilih, Komjen Listyo Sigit Bakal Pecahkan Rekor Usia Tito Karnavian sebagai Kapolri Termuda

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 18:22 WIB
jika-terpilih-komjen-listyo-sigit-bakal-pecahkan-rekor-usia-tito-karnavian-sebagai-kapolri-termuda
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat menjelaskan perkembangan penanganan kasus seputar Djoko Tjandra di Mabes Polri, Jumat (14/8/2020). (Sumber: KompasTV)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisaris Jendral (Komjen) Pol Listyo Sigit Prabowo tinggal menjalani fit and proper test di depan DPR RI dalam waktu dekat ini seiring namanya sebagai calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jika akhirnya DPR menyetujui pengajuan Presiden Jokowi, maka Komjen Listyo Sigit Prabowo akan memecahkan rekor Tito Karnavian sebagai Kapolri termuda. 

Dilansir Kompas.tv dari Tribunnews, Rabu (13/1/2021), saat dilantik menjadi Kapolri pada 3 Juli 2016, Tito tercatat berusia 51 tahun, 9 bulan.

Bagaimana dengan Listyo Sigit Prabowo?

Jenderal bintang tiga itu lahir di Ambon, 5 Mei 1969. Artinya, mantan Kapolres Solo pada 2011 itu baru berusia 52 tahun pada 5 Mei 2021 mendatang.

Baca Juga: Jadi Kabareskrim, Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Selamatkan Uang Negara Lebih dari Rp310 M

Dan jika Februari 2021 nanti ia dilantik, mengingat, Kapolri saat ini Jendral Idham Azis akan pensiun pada 31 Januari 2021, berarti Listyo Sigit Prabowo "baru" berusia persisnya 51 tahun, 8 bulan.

Selain dari sisi usia yang sama-sama masih muda saat menjadi Kapolri (jika Komjen Listyo Sigit resmi terpilih), keduanya juga menjadi Kapolri termuda sepanjang sejarah Polri.

Dimulai dari Tito yang alumni Akademi Polisi (Akpol) angkatan 1987. Ia menggantikan Badrodin Haiti lulusan 1982. Jadi Tito melewati empat angkatan yakni 1983, 1984, 1985, dan 1986.

Saat itu ia pun tercatat sebagai Kapolri termuda sepanjang sejarah Polri.

Baca Juga: Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi, Ini 8 Kasus Besar yang Pernah Ditangani Listyo Sigit Prabowo

Kini Listyo Sigit berpotensi sama dengan Tito. Listyo yang angkatan 1991 bakal melewati lulusan 1990, 1989, 1988, dan 1987.

Setelah dilihat dari kesamaannya, saat ini bisa dilihat dari perbedaannya.

Dari hal penghargaan, Tito Karnavian merupakan peraih Adhi Makayasa atau lulusan terbaik, sementara Listyo Sigit bukan. Ternyata angkatan 1991 saat Listyo Sigit lulus, peraih Adhi Makayasa adalah Kapolda Aceh, Irjen Wahyu Widada.

Selain itu, perbedaaan lainnya, Listyo Sigit Prabowo pernah menjadi ajudan presiden. Dia tercatat menjadi ajudan Presiden pada tahun 2014 hingga 2016 atau pada periode pertama Jokowi menjadi Presiden.

Sedangkan Tito Karnavian tidak pernah menjadi ajudan presiden.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.