Kompas TV nasional peristiwa

Komjen Listyo Sigit Prabowo Resmi Diajukan ke DPR

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 11:56 WIB
komjen-listyo-sigit-prabowo-resmi-diajukan-ke-dpr
Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (kanan depan) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (kiri depan) saat memberikan keterangan pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/12/2020). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV-Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi diajukan sebagai calon kapolri oleh Presiden Jokowi.

Surat Presiden (surpres) dari Jokowi ke Ketua DPR Puan Maharani sudah diterima di Gedung DPR, Rabu (13/1/2021). Puan membenarkan munculnya nama Listyo.

Selanjutnya, Listyo akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. 
 

Baca Juga: Anggota DPR Ungkap Nama Calon Kapolri Menguat ke Komjen Listyo Sigit Prabowo

Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Pebruari mendatang.

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto berharap sosok Kapolri baru harus memiliki integritas dan rekam jejak yang baik. Tak kalah penting, Kapolri yang akan datang harus memiliki komitmen dalam melakukan reformasi secara berkelanjutan di internal Polri.

 

"Kapolri ke depan haruslah sosok yang memiliki integritas dan rekam jejak yang baik, termasuk kapasitas, kapabilitas, dan kompetensi yang baik, serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi sipil di negara hukum yang demokratis seperti Indonesia," kata Didik  di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga: Tradisi Kunjungi Rumah Calon Kapolri Ditiadakan, Komisi III Ungkap Alasannya

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini berharap Presiden Joko Widodo memilih calon Kapolri yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi serta mampu menjalin kerja sama yang baik dengan lintas sektoral terutama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Intelijen Negara (BIN). 

"Calon Kapolri ke depan harus mampu memperkuat kerja sama dan sinergi lintas sektoral antar lembaga, terutama dengan TNI dan BIN dalam konteks memitigasi dan merespons ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan baik dari dalam maupun luar negeri," jelas Didik.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x