Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini Nama Calon Kapolri Pilihan Jokowi Akan Segera Diserahkan ke DPR

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 10:28 WIB
hari-ini-nama-calon-kapolri-pilihan-jokowi-akan-segera-diserahkan-ke-dpr
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Sumber: Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-Nama calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis akan segera diserahkan ke DPR hari ini, Rabu (13/1/2021). Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin."Rencana hari ini," kata  Azis Syamsuddin kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).


Nama yang disampaikan dalam bentuk surat presiden (surpres) itu  akan diantar oleh Mensesneg Pratikno pada pukul 11.00 sian ini.

Surat yang dibawa Pratikno akan diterima oleh pimpinan DPR. Setelah itu, Pimpinan DPR akan menyerahkan ke Komisi III untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Baca Juga: Tradisi Kunjungi Rumah Calon Kapolri Ditiadakan, Komisi III Ungkap Alasannya


Seperti diketahui, Kompolnas sudah menyerahkan lima nama calon kapolri pengganti Idham Azis. Mereka adalah perwira tinggi bintang tiga, yaitu  Gatot Edy Pramono, Boy Rafly Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, dan Agus Andrianto.


Dari lima nama yang diusulkan, Presiden Jokowi  akan memilih satu nama kandidat. Nama calon Kapolri itu nantinya akan dikirim ke DPR melalui Surpres.

Baca Juga: Tak Hanya Harus Klop dengan Presiden, Calon Kapolri juga Wajib Berantas Korupsi di Internal

"Cara khas yang sering dilakukan Presiden dalam memilih pejabat: Meminta dibuatkan 5 draf surat pengusulan yang berisi nama-nama yang berbeda. Pada saat yang tepat beliau tandatangani salah satu, sedang draf surat yang tidak ditandatangani dimusnahkan. Jadi tak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan secara resmi," kata Menko Polhukam Mahfud Md lewat akun Twitter @mohmahfudmd, Selasa (12/1).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x