Kompas TV nasional peristiwa

FDR Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Begini Kronologinya

Kompas.tv - 12 Januari 2021, 19:43 WIB
fdr-kotak-hitam-sriwijaya-air-sj-182-ditemukan-begini-kronologinya
Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan oleh Tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) TNI AL, Selasa (12/1/2021) petang. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan oleh Tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) TNI AL, Selasa (12/1/2021) petang.

Untuk mengetahui bagaimana sebetulnya kotak hitam atau black box yang diamankan di kotak kontainer putih bertutup biru itu akhirnya bisa ditemukan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan kronologinya.

Baca Juga: Kotak Hitam Sriwijaya Air Ditemukan, Dibawa dari KRI Rigel Menuju ke JICT Tanjung Priok

Panglima TNI menjelaskan, temuan perangkat flight data recorder (FDR) yang menjadi bagian dari black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 itu oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono semula dilaporkan sudah ditemukan tim penyelam sekitar pukul 14.00 WIB. 

Namun, setelah diangkat ke permukaan, ternyata penemuan awal tersebut baru berupa pecahan perangkat FDR.

Seketika, Panglima TNI pun memerintahkan agar KSAL kembali melakukan pencarian terhadap bagian kotak hitam itu. 

"Saya sampaikan kepada KSAL agar terus dicari FDR yang kemungkinan besar masih di wilayah yang menjadi perkiraan sebelumnya," ujar Panglima TNI dalam konferensi pers, Selasa (12/1/2021) petang. 

Setelah dikeluarkannya instruksi pencarian lanjutan, tim penyelam kemudian bergegas kembali melakukan operasi pencarian di sekitar titik temuan awal. 

Tak kurang dari tiga jam berikutnya, usaha petugas pun membuahkan hasil, dan FDR yang dicari akhirnya ditemukan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x