Kompas TV regional berita daerah

Tuntaskan Masalah Sampah Ditingkat Desa

Kompas.tv - 12 Januari 2021, 13:48 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

Badung, KOMPASTV - Inilah tps 3 r desa punggul kecamatan abiansemal badung, berbagai limbah rumah tangga warga desa punggul di kumpulkan, agar tidak mencemari lingkungan. Seperti botol, kaleng hingga plastik, di tps ini warga setempat bisa menukar sampah mereka dengan rupiah. Sampah-sampah yang dikumpulkan kemudian diolah menjadi bahan baku pembuatan berbagai kerajinan, seperti cendramata, piala hingga berbagai kerajinan inovatif lainnya, tidak hanya itu sampah ini juga mengahsilkan solar, bensin dan gas. TPS 3 R ini juga kerap dikunjungi wisatawan/yang berlibur ke bali.

 

Tokoh masyarakat yang juga merupakan mantan perbekel desa punggul serta penggagas program ini juga menjelaskan adanya pengolahan sampah ini berawal dari permasalahan sampah yang kian memburuk diawali dari sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya, maka dari itu dibuatlah penanganan sampah dari garda terdepan yaitu masyarakat.

Tempat pengolahan sampah ini di kelola oleh bumdes bersinergi dengan yayasan budaya bali punggul hijau  yang memang sangat konsisten dalam memenanggulangi sampah, dengan pengelolaan ini diharapkan akan terwujud lingkungan yang bersih dan asri.

Selain tempat pengolhan sampah ini, sebelumnya tong edan yang merupakan tempat sampah yang digunakan sebagai inovasi pengelolaan sampah di desa punggul juga telah dibagikan pada setiap rumah yang ada di desa tersebut supaya warga dapat berperan aktif dalam pengolahan sampah. Di bagian bawah dari tong edan juga dilengkapi oleh saringan yang berfungsi untuk menampung pupuk cair yang dihasilkan dan dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanaman di rumah.

#sampah #lingkungan #pengelolaansampah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x