Kompas TV video cerita indonesia

Helikopter Tercanggih TNI-AU Caracal E-725 Pantau Udara Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 23:04 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Helikopter EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sanjaya turut bantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Kapten Penerbang EC-725 Rizky Randi Guna jelaskan helikopter ini dilengkapi dengan Forward looking infrared atau disebut Flir.

Flir merupakan teknologi inframerah yang dipasang di kamera depan dan bisa membantu dalam pelaksanaan searching objek-objek yang ada di bawah laut.

Teknologi ini bisa melakukan zoom in secara maksimum.

"Untuk EC 725 Caracal yakni helikopter yang saat ini yang tercanggih yang dimiliki TNI AU. Salah satu tambahannya dilengkapi dengan Flir, dimana dilengkapi dengan kamera depan yang bisa membantu dalam pelaksanaan searching objek-objek yang ada di bawah.  Karena nanti kita bisa melaksanakan zoom in sampai dengan maksimum, sehingga kita bisa identifikasi objek yang ada di bawah secara lebih teliti,"ujar Randi.

Jika menemukan objek dan ditangkap oleh flir, Randi akan laporkan temuan tersebut ke posko dan menunggu arahan lanjutan.

Bila ada perintah evakuasi, pihaknya akan segera ambil objek dengan menerjunkan beberapa personel Paskhas AU terjun ke laut.

Pesawat Caracal ini mampu mengangkat beban hingga 11 Ton.

Jadi begitu terdeteksi ada objek yang dimaksud baru personel free jump. Nanti saya akan kordinasi dengan radio pesawat, saya mau ke mana nih. Apakah ke JITC atau ke Lanud Halim Perdanakusuma. Daya tampung saat hoisting 11 ton," tandasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x