Kompas TV nasional peristiwa

Komisi III DPR Segera Bahas Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 12:49 WIB
komisi-iii-dpr-segera-bahas-uji-kelayakan-dan-kepatutan-calon-kapolri
Ketua Komisi III DPR, Herman Herry di kompleks parlemen, Senayan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi III DPR akan segera membahas uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis. Pada hari ini, DPR sudah memasuki masa sidang III tahun 2020-2021. Menurut Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery, rapat pembahasan akan dilaksanakan besok, Selasa (12/1/2021).

"Besok selasa kami akan rapat Pimpinan Komisi III dan dilanjutkan dengan rapat internal dengan anggota," kata Herman Hery kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Dalam rapat internal tersebut, Komisi III akan membahas agenda termasuk  uji kelayakan dan kepatutan. 

Baca Juga: 5 Nama Calon Kapolri yang Akan Gantikan Jenderal Idham Azis

Namun, sampai sekarang surat dari Presiden Jokowi ke DPR masih belum diketahui. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco mengaku masih tetap menunggu.

"Ya sampai hari ini belum menerima surat dari Presiden mengenai calon Kapolri. Kami dalam posisi menunggu. Apabila surat tersebut sudah sampai, tentunya kami akan melakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku," kata Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Ini Lima Calon Kapolri yang Diusulkan Kompolnas ke Presiden Jokowi

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis akan pensiun pada 1 Pebruari mendatang. Sementara Kompolnas sudah mengusulkan lima  nama calon kapolri yaitu  Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono,  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. Kemudian, Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, serta Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x