Kompas TV regional berita daerah

Operasi Pasar Kedelai Disayangkan Perajin Tahu dan Tempe

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 17:00 WIB

KENDAL, KOMPAS.TV - Operasi pasar kedelai yang dilakukan Kementerian Pertanian ini di gelar di Kopti Harum, Weleri, Kendal. Dalam operasi pasar ini kedelai dijual dengan harga Rp. 8.500 per kilogram. 

 

Selain itu, operasi pasar ini untuk mendekatkan distributor dengan perajin, karena sebelumnya tata niaga kedelai impor sangat panjang sehingga harga kedelai menjadi tinggi.

 

Sayangnya harga kedelai yang dijual dalam operasi pasar kedelai, bagi perajin tahu dan tempe masih terlalu tinggi. Khodirin perajin tempe asal Weleri ini mengatakan, seharusnya bisa lebih rendah lagi. Paling tidak di kisaran tujuh ribu hingga tujuh ribu lima ratus rupiah, per kilogram nya. 

 

Dikatakan, akibat kenaikan harga kedelai dalam beberapa bulan terakhir membuat produksi berkurang. Sedangkan untuk menaikan harga jual, perajin khawatir tidak laku sehingga yang dilakukan, dengan mengurangi ukuran produksi. 

 

Pembelian kedelai dalam operasi pasar ini sendiri masih menunggu pasokan dari distributor. Diharapkan dengan adanya operasi pasar ini perajin bisa memanfaatkan operasi pasar kedelai ini sehingga usahanya kembali bergerak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x