Kompas TV nasional peristiwa

DPR Kembali Bersidang Hari Ini, Akan Segera Panggil Kemenhub Kasus Jatuhnya Sriwijaya Air

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 06:40 WIB
dpr-kembali-bersidang-hari-ini-akan-segera-panggil-kemenhub-kasus-jatuhnya-sriwijaya-air
Wakil Ketua Komisi V DPR Syarief Abdullah Alkadri (sumber: dpr.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Masa sidang III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dimulai pada hari ini, Senin (11/1/2021). Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie memastikan Komisi V DPR RI akan segera memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan jajaran, untuk meminta penjelasan terkait peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu,  Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

“Kami akan undang dan panggil Kemenhub sebagai pemegang regulasi, otoritas penerbangan dan perusahaan untuk menanyakan peristiwa tersebut,” kata Syarief, Sabtu malam (9/1/2021). 

Menurut Syarief, Rapat kerja dengan Kemenhub tersebut sangat mendesak karena banyak berita yang simpang siur terkait musibah jatunya pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Baca Juga: Penampakan Serpihan Pesawat dan Baju Penumpang Sriwijaya Air SJ-182

“Ada yang katakan pesawat tersebut sudah rusak sejak terbang dari Makassar, diperbaiki lalu terbang lagi ke Jakarta, kemudian ke Pontianak dan akhirnya terjadi kecelakaan," ujar Syarief.

Komisi V, kata Syarief,  akan bertanya secara detil kepada Menteri Perhubungan apakah hal tersebut berkaitan dengan kesalahan manusia (human error) atau karena masalah mesin pesawat (trouble engine). 

Politisi Fraksi Partai NasDem itu tidak menampik adanya persoalan di internal Sriwijaya, sehingga pengawasan penerbangan tidak maksimal dari maskapai yang misalnya menyebabkan komponen terkait syarat-syarat penerbangan tidak bisa dipenuhi.

Baca Juga: Turbin Besar Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Dibawa ke Posko JICT

“Kita tahu di internal Sriwijaya ada persoalan, sehingga pengawasan tidak maksimal dari maskapai. Bahkan dulu beberapa komponen terkait syarat penerbangan di hari-hari tertentu tidak bisa dipenuhi, misalnya jumlah pegawai dikurangi. Itu laporan yang masuk kepada kami sehingga akan kami minta keterangan dari Kemenhub," kata legislator dapil Kalimantan Barat I itu.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.