Kompas TV nasional peristiwa

Penampakan Dasar Laut Pesawat Sriwijaya Air Hancur Berkeping-keping, Ada Benda Bertuliskan 'Marvel'

Kompas.tv - 10 Januari 2021, 16:47 WIB
penampakan-dasar-laut-pesawat-sriwijaya-air-hancur-berkeping-keping-ada-benda-bertuliskan-marvel
Tangkapan layar video dasar laut yang memperlihatkan badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah hancur berkeping-keping. (Sumber: TNI AL)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebuah video memperlihatkan sejumlah penyelam dari TNI AL yang tengah mendokumentasikan kondisi dasar laut di perairan Kepulauan Seribu.

Dalam video itu, terekam gambar diduga pecahan badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang telah hancur berkeping-keping.

Baca Juga: Potongan Besar Sriwijaya Air Akan Diangkat Kapal Crane

"Di dalam laut ada serpihan pesawat. Pesawat hancur total," kata Edi di sela-sela penyelaman di Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Dalam penelusuran penyelam TNI AL di sekitar lokasi, terdapat sebuah benda yang bertuliskan ‘Marvel’.

Pihak TNI AL pun berusaha mengangkut beberapa benda yang ada di dasar laut itu. Sebuah tali berwarna kuning tampak terlihat di dasar laut.

Baca Juga: Surat Terakhir Diduga Milik Pilot Sriwijaya Air Captain Afwan: Jangan Lupa Shalat Subuh

Sebuah benda ditemukan di dasar laut perairan Kepulauan Seribu (Sumber: TNI AL)

Anggota tim penyelam Kopaska TNI AL, Mayor Laut Edi Tirtayasa, mengatakan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan. Potongan bagian pesawat sudah diangkut ke KRI Kurau.

Baca Juga: Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Sudah Ditandai, Segera Diangkat

Sebelumnya, sejumlah serpihan badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sudah ditemukan terlebih dahulu. Tim Basarnas menyerahkan delapan kantong yang telah dikumpulkannya kepada Tim DVI dan KNKT untuk dilakukan pemeriksaan.

Adapun delapan kantong tersebut terdiri atas tiga kantong berupa puing, dan lima kantong berupa potongan tubuh dari jenazah penumpang Sriwijaya Air.

“Kami menyerahkan tiga kantong serpihan pesawat, dan lima kantong potongan manusia," kata Direktur Operasi Basarnas, Rasman MS, di Posko Tim SAR Terpadu JICT 2, Tanjung Priok, Minggu (10/1/2021).

Baca Juga: Keluarga Penumpang Sriwijaya Air Berharap Ada Keajaiban: Bang Angga Pandai Berenang, Semoga Selamat

Dari KRI Parang, Tim SAR temukan serpihan dan body part pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan atau laut Kepulauan Seribu, Minggu (10/1/2021) (Sumber: Humas Basarnas)

Selanjutnya, kata Rasman, barang bukti tersebut diserahan kepada Tim DVI dan KNKT untuk proses penyelidikan dan pemeriksaan.

Tim DVI yang diwakili Kasubdit Dokpol Polda Metro Jaya Kompol Asep Winardi mengatakan, akan menindaklanjuti kantong mayat yang telah diterimanya.

"Untuk pemeriksaan lebih lanjut akan kami bawa ke Pos Mortem di RS Polri," kata Asep.

Sementara KNKT menyatakan menerima penyerahan kantong berupa puing pesawat Sriwijaya Air. Selanjutnya KNKT akan melakukan pendataan dan analisa.

Baca Juga: Dari KRI Parang, Tim SAR Temukan Serpihan dan Body Part Pesawat Sriwijaya Air SJ-182



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x