Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Sriwijaya Air SJ 182 Hilang Kontak Dalam Hitungan Detik Saat Pesawat ke Luar Jalur

Kompas.tv - 10 Januari 2021, 11:41 WIB
kronologi-sriwijaya-air-sj-182-hilang-kontak-dalam-hitungan-detik-saat-pesawat-ke-luar-jalur
Ilustrasi: pesawat Sriwijaya Air. (Sumber: dok Sriwijaya)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan kronologi peristiwa hilang kontak pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak pada Sabtu (9/1/2021).

Menurut Kemenhub hilang kontak pesawat udara Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak tersebut terjadi pada pukul 14.40 WIB.

Adapun secara teknis kronologis sementara terkait peristiwa tersebut yakni pesawat Sriwijaya SJ 182 take off dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pontianak pada pukul 14.36 WIB.

Baca Juga: Kisah Calon Penumpang Batal Terbang dengan Sriwijaya Air SJ 812, Sempat Kesal Akhirnya Refund Tiket

Kemudian, pada pukul 14.37 WIB melewati 1700 kaki dan melakukan kontak dengan Jakarta Approach. Pesawat diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti Standard Instrument Departure.

Tetapi, pada pukul 14.40 WIB, Jakarta Approach melihat pesawat Sriwijaya Air tidak ke arah 0,75 derajat melainkan ke Barat Laut. Oleh karenanya, ditanya oleh ATC untuk melaporkan arah pesawat.

Tidak lama kemudian, dalam hitungan detik pesawat hilang dari radar. Manajer operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas, bandara tujuan, dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Sampaikan Rasa Simpati dan Doa Atas Insiden Sriwijaya Air

Menurut data, total penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 50 orang yang terdiri atas 40 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi serta ditambah 12 orang dengan 6 kru aktif dan 6 ekstra kru.

“Kami bersama Ketua KNKT, Basarnas dan TNI-Polri serta stakeholder bandara sedang berada di Soekarno-Hatta untuk terus berkoordinasi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Menhub, saat ini tim penyelamat telah menurunkan sejumah kapal untuk melakukan pertolongan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintah Pencarian Sriwijaya Air Secepat-cepatnya

"Tim penyelamat ini terdiri kapal KPLP Ditjen Perhubungan Laut, Kapal Basarnas 3 kapal dan 3 kapal karet, 2 sea rider dan Kapal TNI Angkatan Laut KRI Lalat, KRI Kurau, KRI Siwar, dan KRI Cut Nyak Dien yang sedang menuju tempat kejadian perkara," ujar Budi Karya.

Ia juga mohon doa dari seluruh anggota masyarakat, agar semua proses pencarian dan penyelamatan agar berjalan dengan lancar.

Budi Karya juga mengatakan, untuk informasi bagi para keluarga Korban, dapat langsung menghubungi Hotline Sriwijaya Air di nomor 021 80637817 atau datang langsung ke Posko yang terletak di terminal 2D kedatangan Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga: Sriwijaya Air Jatuh, YLKI: Kecelakaan Ini Kado Terburuk Awal 2021 di Sektor Transportasi Udara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x