Kompas TV internasional kompas dunia

Arkeolog Temukan Mural Langka Dinasti Tang di Shaanxi, China

Kompas.tv - 9 Januari 2021, 21:20 WIB
arkeolog-temukan-mural-langka-dinasti-tang-di-shaanxi-china
Foto yang diabadikan pada 15 Desember 2020 ini menunjukkan mural yang dilukis pada sebuah makam kuno yang berasal dari Dinasti Tang (618-907) yang ditemukan di Provinsi Shaanxi, China Barat Laut. (Sumber: Xinhua)
Penulis : Edwin Shri Bimo

XI'AN, KOMPAS TV - Dua makam kuno yang dihiasi lukisan dinding langka dari Dinasti Tang (618-907) ditemukan di Provinsi Shaanxi, China barat laut, kata otoritas setempat pada Jumat (08/01/2021).

Lukisan-lukisan indah itu menggambarkan adegan-adegan huren, suku dari utara, yang tengah melatih kuda dan menggiring unta. Mural tersebut ditemukan pada bulan lalu di Desa Buli, sekitar 40 kilometer dari Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi, menurut Akademi Arkeologi Shaanxi seperti dilaporkan Xinhua Sabtu (09/01/2021)

Adegan menjinakkan kuda oleh huren yang dilukiskan pada salah satu makam tersebut diyakini berhubungan dengan kehidupan si pemilik makam. Menurut tulisan pada batu nisan, dia adalah seorang pejabat yang bertanggung jawab atas pasukan berkuda pada awal Dinasti Tang, tutur Li Ming, peneliti dari akademi itu.

Foto yang diabadikan pada 18 Desember 2020 ini menunjukkan lukisan dinding seorang penjinak kuda dari huren, suku dari utara, di sebuah makam kuno yang ditemukan di Provinsi Shaanxi, China Barat Laut. (Sumber: Xinhua)

Li mengatakan bahwa gambar kuda dan anjing pemburu sangat jarang ditemukan pada mural makam dari periode Dinasti Tang. Dia menambahkan bahwa kondisi lukisan manusia dan hewan yang tampak realistis tersebut terpelihara baik.

Mural lainnya yang menggambarkan adegan musik dan tarian di makam kedua, yang merupakan milik pasangan kerajaan, dilukis dengan gaya khas zaman keemasan Dinasti Tang.

Penemuan kedua makam ini telah memberikan bahan baru untuk studi terhadap mural dan adat istiadat masyarakat pada masa itu, imbuh Li.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.