Kompas TV nasional kompas dunia

Berperan dalam Damainya Suriah, Relawan dapat Nominasi Nobel

Kompas.tv - 1 Oktober 2017, 07:46 WIB
Penulis :

Anggota kelompok pertahanan sipil Suriah White Helmets masuk dalam nominasi peraih hadiah nobel perdamaian tahun 2017. Relawan White Helmets  yang beroperasi di wilayah yang dikuasai pemberontak Suriah sering terlihat kiprahnya lewat video amatir yang diunggah ke internet.

Aksi menggali puing puing setelah serangan udara, penyelamatan warga dari bangunan yang hancur, merupakan sederet kisah heroik kelompok yang didirikan di Turki oleh James le Mesurier ini. Mesurier merupakan mantan anggota intelijen Inggris.

White Helmets mulai mendunia saat rezim Bashar Al Assad melakukan serangan gas kimia di Khan Sheikhoun, Suriah, pada April 2017 lalu.

Aksi heroik White Helmets ditanggapi skeptis oleh pemerintah Suriah. Pemerintahan Suriah di menuduh White Helmets sebagai alat propaganda Al Qaeda untuk menyudutkan pemerintah.

White helmets pernah merilis film The White Helmets, sebuah film dokumenter berdurasi 40 menit tentang kehidupan para sukarelawan. Film ini memenangkan Oscar tahun 2017 untuk kategori film dokumenter terbaik terbaik.

Komite nobel memasukkan White Helmets bersama 318 kandidat lain untuk mendapat hadiah nobel perdamaian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x