Kompas TV hobby news

Catatan atas Penanganan Covid-19 untuk Presiden Jokowi - Opini Budiman

Sabtu, 9 Januari 2021 | 09:02 WIB

Tantangan terberat pemerintahan Presiden Jokowi adalah mengendalikan pandemi covid-19. Fokus pada pengendalian pandemi adalah amanah konstitusi dan sekaligus merespon aspirasi publik.

Sejumlah catatan perlu diberikan.

Pertama, langkah PSBB di pulau Jawa harus diperketat dan diikuti dengan testing dan tracing kepada warga.

Tes antigen harus menjadi keharusan bagi warga atau pengusaha.

Pemerintah punya tugas 3T (Testing,Tracing,Treatment). Penyiapan rumah sakit darurat atau tempat isolasi mandiri perlu dipersiapkan untuk menampung pasien positif.

Kedua, vaksinasi massal dengan vaksin yang efektif dan punya daya lindung harus dipastikan berjalan secepatnya.

Mitigasi risiko akibat vaksinasi harus dipertimbangkan. Dalam konteks vaksinasi, program vaksinasi mandiri perlu dibuka. Perusahaan bisa saja membiayai sendiri karyawannya untuk vaksin.

Ketiga, pengendalian pandemi membutuhkan komando sentral, yaitu panglima lapangan untuk mengorkestrasi segalanya.

Siapa panglima itu? Ada tiga kandidat, yaitu ketua satgas Letjen Doni Monardo, ketua KPC PEN Airlangga Hartarto, dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Keempat, singkirkan ego politik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta ego antara kementerian. Fokuslah pada bagaimana pandemi ini bisa dikendalikan.

Kelima, pandemi dan dampaknya membutuhkan peran serta masyarakat dan dunia usaha. Tanpa pandemi terkendali, pemulihan ekonomi akan terkendala.

Dunia usaha atau orang yang berpunya dengan segala keterbatasan yang dimiliknya, perlu memberi kontribusi dalam upaya testing atau vaksinasi.

Misalnya dengan gerakan satu sepuluh. Satu orang yang lebih beruntung menanggung biaya sepuluh orang atau seratus orang, tergantung kemampuan untuk testing swab antigen.

Keenam, jauhkan pandemi sebagai momentum untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dan politik dari aspek bisnis dan ekonomi.

Dengan kebersamaan dan kepemimpinan yang tulus, yakinlah bahwa bangsa ini bisa bangkit dari pandemi dan krisis ekonomi.

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:17
PEMERINTAH MALAYSIA PERTIMBANGKAN CAMPUR DUA VAKSIN COVID-19 GUNA TINGKATKAN EFIKASI   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALKOT GIBRAN RAKABUMING TUNDA KOMPETISI SEPAK BOLA PIALA WALI KOTA SOLO 2021   PN JAKARTA TIMUR AKAN BACAKAN VONIS TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB TERKAIT KASUS HOAKS TES USAP RS UMMI BOGOR PEKAN DEPAN   OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) IMBAU MASYARAKAT WASPADAI LAYANAN PINJAMAN DARING ILEGAL   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TERBITKAN PERATURAN KARYAWAN WFH SEBESAR 75 PERSEN DI PERKANTORAN ZONA MERAH DKI   GUBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT KAPASITAS VAKSINASI DI DKI JAKARTA TELAH LEBIH DARI 100.000 ORANG PER HARI   DINKES KABUPATEN KUDUS CATAT 269 TENAGA KESEHATAN DI WILAYAHNYA TERPAPAR VIRUS KORONA   UNIVERSITAS SEBELAS MARET HENTIKAN SELURUH KEGIATAN LUAR JARINGAN SETELAH TIGA DOSEN MENINGGAL KARENA COVID-19   SATGAS: KENAIKAN COVID-19 PASCA-LEBARAN 2021 LEBIH TINGGI YAITU 112,22% DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA HANYA 93,11%   SATGAS COVID-19 PREDIKSI KENAIKAN KASUS POSITIF KORONA PASCA-LEBARAN AKAN BERLANGSUNG SELAMA 6 PEKAN   LAYANAN VAKSINASI COVID-19 DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA, DIBATASI 100 ORANG PER HARI   PEMERINTAH BUKA LAYANAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK UMUM DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SERAHKAN KEBIJAKAN BEKERJA DARI RUMAH KEPADA MASING-MASING KEMENTERIAN DAN LEMBAGA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO PERKENALKAN GEOPARK RAMANG RAMANG LEWAT SIARAN LANGSUNG DI MEDIA SOSIAL DAN KE LUAR NEGERI