Kompas TV regional berita daerah

Penutupan Pendakian Gunung Semeru Diperpanjang Hingga Maret 2021

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 21:50 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Penutupan pendakian Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur diperpanjang hingga akhir bulan Maret 2021. Hal ini dilakukan karena faktor cuaca buruk dan perbaikan ekosistem.

Pengumuman penutupan pendakian Gunung Semeru disampaikan oleh Kepala Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Novita Kusuma Wardani, pada hari Kamis (07/01).

Menurut Novi, penutupan pendakian pernah dilakukan pada awal bulan Desember 2020. Hal itu dilakukan karena aktivitas vulkanik Gunung Semeru meningkat.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pihak taman nasional memperpanjang penutupan tersebut hingga akhir bulan Maret 2021.

Novi menambahkan bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan pada informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), yang memperkirakan curah hujan tinggi akan berlangsung hingga akhir Maret.

Kondisi tersebut dikhawatirkan memicu terjadi cuaca buruk dan badai di Gunung Semeru, yang bisa mengancam keselamatan para pendaki.

Baca Juga: TNBTS Menutup Pendakian Ke Gunung Semeru

Bagi pendaki yang sudah mendaftar secara online tak perlu khawatir, karena pihak Balai Besar TNBTS akan menjadwal ulang pendakian warga yang sudah mendaftar.

 

#GunungSemeru #PendakianSemeru #TamanNasional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x