Kompas TV regional berita daerah

Seorang Difabel Sukses Usaha Pernak Pernik Perhiasan, Bermodal Bantuan Sosial

Kamis, 7 Januari 2021 | 18:15 WIB

KOTA BLITAR, KOMPAS.TV - Tingginya keinginan untuk hidup mandiri mendorong seorang penyandang disabilitas di Kota Blitar Jawa Timur untuk mendirikan usaha kerajinan. Bermodal dana bantuan sosial, perempuan dengan keterbatasan fisik tersebut mampu membuat pernak pernik perhiasan bernilai jual tinggi.

Tidak ada kata menyerah bagi seorang Wahyu Asifah. Meski terlahir dengan keterbatasan fisik, perempuan berusia 37 tahun, terus mencoba hidup mandiri.

Baca Juga: Kreasi Unik Lukisan Cangkang Telur Karya Difabel

Keterbatasan fisik membuatnya sulit beraktifitas di luar rumah. Namun ia tidak menyerah dan terus mencoba untuk mencari nafkah secara mandiri.

Berawal dari hobi, ia mencoba membuat berbagai pernak pernik perhiasan. Mengandalkan kekuatan kedua kakinya, ia mulai merakit satu persatu manik-manik untuk dijadikan kalung dan gelang.

Wahyu Asifah menggunakan uang pemberian kerabat dan dana bantuan sosial untuk membeli bahan dan peralatan kerajinan. Kini ia bisa hidup mandiri dari usaha kerajinan tanpa harus bergantung pada orang lain.

Baca Juga: Gelang Cantik Buatan Difabel Asal Blitar

Pembuatan satu buah kalung atau gelang memakan waktu 3 hingga 12 jam. Hasil kreasinya kemudian dijual mulai dari harga 10.000 hingga 50.000 rupiah.

Wahyu Asifah berharap Pemerintah Kota Blitar membantu memasarkan produknya agar laku hingga ke seluruh Indonesia.

 

#Difabel #Disabilitas #Kerajinan #PernakPernikPerhiasan

Penulis : KompasTV Jember


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:06
BLACKPINK DITUNJUK JADI DUTA KONFERENSI PERUBAHAN IKLIM PBB (COP26) 2021   BNPB: 60 RUMAH RUSAK RINGAN PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,2 DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN   SEMPAT PADAM SAAT GEMPA 5,2 MAGNITUDO, JARINGAN LISTRIK DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN, KEMBALI PULIH   DARI KEDUA TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI SURABAYA DAN MOJOKERTO SEJUMLAH BARANG BUKTI DISITA DI ANTARANYA PEDANG   DENSUS 88 POLRI TANGKAP DUA PRIA TERDUGA TERORIS DI SURABAYA DAN MOJOKERTO, JAWA TIMUR   TERKAIT PENEMBAKAN DI CENGKARENG, KOMPOLNAS MINTA POLRI LAKUKAN TES KEJIWAAN BAGI POLISI PEMEGANG SENJATA API   KPK INGATKAN KEPALA DAERAH YANG BARU DILANTIK AGAR SELALU MEMEGANG TEGUH INTEGRITAS   POLDA METRO JAYA BERENCANA USULKAN LOKASI KAMPUNG TANGGUH JAYA JADI LOKASI VAKSINASI COVID-19 UNTUK MASYARAKAT   AZIS SYAMSUDDIN: TAHANAN KPK BUKAN PRIORITAS VAKSINASI SEHINGGA BERPOTENSI TIMBULKAN KETIDAKSETARAAN AKSES   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA KEMENKES MENGEVALUASI PROSEDUR PEMBERIAN VAKSIN COVID-19 BAGI TAHANAN KPK   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR: TOTAL PESERTA YANG DIVAKSINASI DI KOMPLEKS PARLEMEN DIPERKIRAKAN MENCAPAI 12.000 ORANG   SYARAT BAWA HASIL TES USAP DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK KEMBALI DIPERPANJANG HINGGA LIBUR HARI RAYA IDUL FITRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.292: 2.368 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 753 DALAM PERAWATAN   HINGGA 26 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.322.866 ORANG, 1.128.672 SEMBUH, & 35.786 MENINGGAL DUNIA