Kompas TV regional berita daerah

Warga Lereng Merapi Kembali Ke Pengungsian

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Meningkatnya aktivitas Gunung Merapi membuat ratusan warga yang berada di lereng gunung kembali ke pengungsian. Warga mengungsi di tempat evakuasi akhir di Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

Proses evakuasi sekitar 300 warga dari Dusun Babadan 1, Desa Paten, Kecamatan Dukun, Magelang pada Selasa siang (05/01/2021) dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari BPBD Magelang, TNI, Polri, PMI, Damkar serta relawan dengan menggunakan belasan unit armada kendaraan. Menurut salah satu warga, Nur Intan, dirinya mengikuti anjuran pemerintah untuk mengungsi karena aktifitas vulkanik dari Gunung Merapi kembali meningkat.

Camat Dukun, Amin Sudrajat menjelaskan warga yang diungsikan kali ini merupakan kelompok rentan yang sebenarnya pada tanggal 5 November 2020 sudah mengungsi. Namun warga meninggalkan posko pengungsian dan tinggal di rumah sekitar 2 minggu. 

Apabila status Gunung Merapi meningkat menjadi awas, maka mengungsi merupakan hal yang tidak bisa ditawar bagi warga yang tinggal di kawasan rawan bencana. Pengosongan zona bahaya sesuai dengan rekomendasi dari BPPTKG harus dipatuhi.

  #GunungMerapi #PoskoPengungsian #Evakuasi

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x