Kompas TV nasional kesehatan

Urutan Diet Terbaik di Tahun 2021, Diet Mediterania Juaranya

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 12:35 WIB
urutan-diet-terbaik-di-tahun-2021-diet-mediterania-juaranya
Ilustrasi diet Mediterania. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Diet terbaik 2021 jatuh kepada diet Mediterania. Penghargaan yang diraih selama empat tahun berturut-turut ini diumumkan oleh US News & World Report pada Senin (4/1/2021).

Diet Mediterania memiliki beberapa keunggulan sehingga membuatnya lebih unggul dari yang lain. Selain sangat mudah diakses, berkelanjutan, diet ini pun tidak banyak membatasi pola makan seseorang.

Diet Mediterania fokus kepada makanan-makanan berbasis tanaman, sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan.

Baca Juga: Jadi Jubir Cantik, Ini Tips Diet dan Membakar Lemak ala Dokter Reisa Broto Asmoro

Diet ini juga tidak terlalu ketat karena masih memperbolehkan konsumsi beberapa makanan. Jika mengikuti diet mediterania secara tepat, kita dapat memperoleh manfaatnya.

Diet Mediterania tidak cuma dipilih sebagai pola makan terbaik. Analisis dari 39 pola diet menunjukkan bahwa diet Mediterania ada di posisi teratas untuk kategori pola makan nabati terbaik.

Banyak penelitian telah menemukan bahwa diet Mediterania dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, demensia, kehilangan ingatan, depresi, dan kanker payudara.

Makanan dari wilayah Mediterania juga dikaitkan dengan tulang yang lebih kuat, jantung yang lebih sehat, dan umur yang lebih panjang.

Baca Juga: [FYI] Diet Telur Yang Bikin Turun 7 Kg dalam 1 Minggu

Menyusul diet mediterania, diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) di bawahnya. Dilansir CNN, selagi diet Mediterania dan Dash paling unggul, diet dukan dan keto yang menekankan makanan tinggi protein atau makanan tinggi lemak dengan minim karbohidrat berada di urutan terakhir.

Diet dukan dan keto dinilai buruk oleh para ahli gizi karena sangat ketat, sulit diikuti, dan menghilangkan seluruh kelompok makanan yang tidak direkomendasikan dalam pedoman diet.

Untuk menilai diet, panel ahli penyakit jantung dan diabetes, nutrisi, diet, psikologi makanan, dan obesitas meninjau penelitian tentang diet dari jurnal medis, laporan pemerintah, dan sumber lainnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x