Kompas TV regional berita daerah

Kreasi Unik Lukisan Cangkang Telur Karya Difabel

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 15:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Meski memiliki keterbatasan fisik (difabel), tidak membuat seorang pemuda warga Pekalongan, Jawa Tengah patah semangat. Ia terus berkarya dan menghasilkan lukisan cangkang telur. Inilah Trimo Coba Kuat, pemuda berusia 22 tahun warga Desa Pakisputih, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Hidup di tengah keterbatasan tidak membuat Kuat, panggilan akrabnya, tak patah semangat.

Setiap hari Kuat membuat karya seni dari bahan baku cangkang telur ayam. Dengan kondisi lumpuh kaki dan sebagian tangan, membuat anak ketiga dari 9 bersudara ini juga menggunakan mulutnya untuk berkreasi. Satu persatu pecahan cangkang telur ayam ditempelkan ke papan yang sudah di sketsa. Meski terkadang menemui kesulitan, Kuat tidak pernah patah semangat. Kuat menghasilkan sejumlah karya lukisan tokoh-tokoh di Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi.

Keahlian kuat membuat lukisan cangkang telur berawal dari pelatihan selama 1 tahun di Solo, Jawa Tengah. Sejumlah kendala yang selama ini dialami Kuat adalah pemasaran hasil karyanya. Namun Kuat tetap semangat untuk membuat lukisan cangkang telur.

#Lukisan #CangkangTelur #Difabel 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.