Kompas TV regional berita daerah

Cara Aman "Grooming" Kucing di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 14:32 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan berbulu tebal seperti kucing, mungkin pernah mengalami kesulitan saat ingin melakukan perawatan, mulai dari alat-alat yang terbatas hingga tak ada waktu.

Di Bandar Lampung, ada jasa perawatan dan penitipan khusus kucing yang justru ramai saat pandemi. Demi bisa bertahan sang pemilik juga melakukan jemput bola ke rumah para pelanggannya.

Berlokasi di Jalan Lorena, Sukarame, Bandar Lampung, dengan memanfaatkan area belakang rumahnya, Adam Insani biasa melakukan aktivitasnya membersihkan kucing-kucing yang sebagian besar milik pelanggan tetapnya.

Kucing yang baru datang biasanya ditimbang terlebih dahulu, ditahap ini bobot kucing akan menentukan takaran produk perawatan yang akan dipakai.

Selanjutnya proses memotong kuku, tahap ini biasanya dilakukan dengan pendekatan terlebih dahulu.

Seperti jenis kucing Persia Medium yang memiliki bulu yang lebat dan halus ini terlebih dahulu dioleskan masker dibagian ekor, badan, dan surai atau bagian bawah leher, karena dibagian inilah kucing menghasilkan banyak minyak dan kotoran,

Proses dilanjutkan dengan pemberian sampo dan kondisioner secara bertahap, air yang dipakai juga menggunakan air hangat demi menjaga suhu tubuh kucing.

Perawatan lainnya yang tak kalah penting bagi hewan berbulu lembut dan tebal ini adalah proses pengeringan. Pengeringan bulu kucing dilakukan dengan menggunakan alat pengering khusus, biasanya memerlukan waktu setengah jam sampai bulu kucing benar-benar kering.

Harga yang ditawarkan untuk satu kali perawatan kucing ini berkisar pada harga 65 ribu hingga 150 ribu rupiah, menyesuaikan umur, ukuran dan jenis kucing.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Data Vaksinasi Covid-19

Selain melayani jasa perawatan dan penitipan, adam juga memanfaatkan media sosialnya untuk berbagi edukasi tentang kucing, hingga kampanye tentang larangan memperjual belikan kucing yang dilindungi.

#catgrooming #grooming #perawatankucing



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x