Kompas TV bisnis kompas bisnis

Terkait Pekerjaan Rumah dan Target SKK Migas di Tahun 2021, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 14:25 WIB

KOMPAS.TV - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berhasil menorehkan catatan kinerja yang gemilang sepanjang tahun 2020. SKK Migas berhasil mencapai beberapa target yang ditetapkan oleh pemerintah meski kinerja industri migas sepanjang 2020 sempat mendapat banyak kerikil, salah satunya akibat pandemi covid-19.

Tercatat, hulu migas nasional menghasilkan 5 (lima) capaian yang mengesankan pada aspek Reserve Replacement Ratio (RRR), lifting minyak dan gas bumi (migas), pengendalian cost recovery, penerimaan negara, dan penyelesaian proyek hulu migas.

Pada akhir 2020, lifting minyak tercatat sebesar 706 ribu barel minyak per hari (BOPD) atau 100,2% melampaui target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) yang ditetapkan sebesar 705 ribu BOPD. Sedangkan lifting (salur) gas sebesar 5.461 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD), sedikit dibawah target APBN-P sebesar 5.556 MMSCFD atau tercapai 98,3%. Sedangkan untuk penerimaan negara, angka yang berhasil dicapai sebesar US$ 8,4 miliar, atau 141% dari target yang dipatok sebesar US$ 5,86 miliar.

Untuk mengejar target lifting tersebut, SKK Migas bersama KKKS juga sepakat mencari terobosan agar dapat meningkatkan realisasi kegiatan di lapangan.

Penetapan target yang lebih tinggi akan dapat dicapai apabila masalah perizinan untuk pembebasan lahan dapat dipercepat, fasilitas produksi tersedia tepat waktu, adanya tambahan insentif, serta permasalahan keekonomian lapangan yang dapat dicarikan jalan keluar. Selain itu, juga tidak terdapat kendala offtaker. Oleh karena itu SKK Migas sangat berharap mendapat dukungan dari para pemangku kepentingan agar masalah dan tantangan dapat diatasi.

SKK Migas memperhitungkan kegiatan pengeboran di Wilayah Kerja Rokan menjadi poin penting untuk mengejar capaian lifting 2021.

Selain mengawal target tahunan, pada tahun 2021 SKK Migas dan KKKS juga melakukan serangkaian kegiatan untuk mengawal target jangka menengah dan panjang.

Simak dialog selengkapnya terkait sejumlah pekerjaan rumah dan target yang akan dicapai oleh SKK Migas di tahun 2021 bersama Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto

.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x