Kompas TV nasional update

Mendikbud Izinkan Sekolah Tatap Muka pada Januari 2021, Ini Syaratnya

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 14:10 WIB

KOMPAS.TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan pembelajaran tatap muka tetap akan dimulai pada Januari 2021.

Namun kepastian pelaksanaannya diserahkan penuh pada masing-masing pemerintah daerah, kepala sekolah, dan orangtua murid.

Meski telah mengizinkan pembelajaran tatap muka mulai januari 2021 ini, Mendikbud Nadiem Makarim menyerahkan sepenuhnya keputusan pelaksanaannya kepada pemerintah daerah masing-masing, termasuk kepada kepala sekolah dan orang tua murid.

Nadiem menilai kesiapan protokol kesehatan masing-masing daerah menjadi kunci penting saat pembelajaran tatap muka.

Ini agar tak menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19. Apalagi hingga kini angka positif covid19 belum juga menunjukkan penurunan.

Namun kali ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, semua sekolah di zona hijau dan kuning yang akan melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka harus meminta izin orang tua untuk memulai kegiatan tersebut.

Jika orang tua tidak nyaman anaknya melakukan proses belajar tatap muka, maka bisa lanjut dengan pembelajaran jarak jauh.

Adapun pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap dengan syarat 30-50 persen dari standar peserta didik per kelas.

Nadiem menjelaskan, jumlah hari dan jam belajar akan dikurangi, dengan sistem giliran rombongan belajar yang ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Dengan adanya penyesuaian SKB itu, satuan pendidikan yang siap dan ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka, memiliki opsi untuk menerapkan dengan protokol kesehatan yang ketat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.