Kompas TV nasional update

Mendikbud Izinkan Sekolah Tatap Muka pada Januari 2021, Ini Syaratnya

Rabu, 6 Januari 2021 | 14:10 WIB

KOMPAS.TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan pembelajaran tatap muka tetap akan dimulai pada Januari 2021.

Namun kepastian pelaksanaannya diserahkan penuh pada masing-masing pemerintah daerah, kepala sekolah, dan orangtua murid.

Meski telah mengizinkan pembelajaran tatap muka mulai januari 2021 ini, Mendikbud Nadiem Makarim menyerahkan sepenuhnya keputusan pelaksanaannya kepada pemerintah daerah masing-masing, termasuk kepada kepala sekolah dan orang tua murid.

Nadiem menilai kesiapan protokol kesehatan masing-masing daerah menjadi kunci penting saat pembelajaran tatap muka.

Ini agar tak menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19. Apalagi hingga kini angka positif covid19 belum juga menunjukkan penurunan.

Namun kali ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, semua sekolah di zona hijau dan kuning yang akan melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka harus meminta izin orang tua untuk memulai kegiatan tersebut.

Jika orang tua tidak nyaman anaknya melakukan proses belajar tatap muka, maka bisa lanjut dengan pembelajaran jarak jauh.

Adapun pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap dengan syarat 30-50 persen dari standar peserta didik per kelas.

Nadiem menjelaskan, jumlah hari dan jam belajar akan dikurangi, dengan sistem giliran rombongan belajar yang ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Dengan adanya penyesuaian SKB itu, satuan pendidikan yang siap dan ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka, memiliki opsi untuk menerapkan dengan protokol kesehatan yang ketat

Penulis : Anjani Nur Permatasari


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:14
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP ATURAN VAKSINASI COVID-19 MANDIRI KELUAR MINGGU DEPAN   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI KELOMPOK ANTIVAKSIN COVID-19 SUDAH BERKURANG   KEMENPAREKRAF TUNJUK SELEBRITAS LADY MARSELLA JADI DUTA SATGAS TOILET UNTUK BENAHI TOILET DI KAWASAN PARIWISATA   PEMPROV DKI MULAI REALISASIKAN PEMBUATAN PEMBATAS JALUR SEPEDA PERMANEN DI SEPANJANG JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   SEMPAT DIHENTIKAN, VAKSINASI COVID-19 PEDAGANG DI PASAR TANAH ABANG KEMBALI DILANJUTKAN HARI INI   MENKO MARVES LUHUT MINTA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI MALUKU DIPERCEPAT UNTUK DUKUNG LUMBUNG IKAN NASIONAL   KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DORONG PEMDA KEMBANGKAN TALENTA DIGITAL   MENTERI PUPR: PENANGANAN BANJIR HARUS DIKERJAKAN SECARA SISTEMIK DARI HULU SAMPAI KE HILIR   BUPATI BATANG IZINKAN SEKOLAH DI ZONA HIJAU GELAR KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) TATAP MUKA AWAL MARET 2021   PEMKAB TEMANGGUNG SASAR VAKSINASI TAHAP DUA UNTUK GURU HINGGA SOPIR ANGKUTAN UMUM   KEMENDIKBUD: VAKSINASI COVID-19 GURU DAN DOSEN DEMI WUJUDKAN SEKOLAH TATAP MUKA JULI 2021   SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA KARHUTLA DI ROKAN HULU, RIAU, PATROLI GUNAKAN HELIKOPTER   INSTITUT PERTANIAN BOGOR SIAP BANTU PELAKSANAAN UJI PRAKLINIS VAKSIN COVID-19 MERAH PUTIH   ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID