Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kabar Merger Tokopedia-Gojek Makin Santer

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 07:40 WIB
kabar-merger-tokopedia-gojek-makin-santer
Ilustrasi: logo Tokopedia. (Sumber: Tokopedia)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Dua start up alias perusahaan rintisan buatan anak dalam negeri, Tokopedia dan Gojek, semakin santer diisukan melebur alias merger.

Menurut sumber Bloomberg, korporasi yang sudah menjelma menjadi deca corn ini sedang dalam tahap diskusi lebih lanjut atas rencana merger. Keduanya telah menandatangani lembar persyaratan terperinci untuk melakukan uji tuntas bisnis masing-masing.

Baca Juga: Strategi Gojek Untuk Mendukung Penguatan Integrasi Multimoda Era Normal

Menurut sumber Bloomberg yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kedua belah pihak melihat potensi sinergi dan ingin menutup kesepakatan secepat mungkin dalam beberapa bulan mendatang.

Entitas gabungan akan menciptakan nilai gabungan lebih dari USD 18 miliar. Bisnisnya berkisar dari pemesanan kendaraan dan pembayaran hingga belanja dan pengiriman online - gabungan lokal dari Uber Technologies Inc., PayPal Holdings Inc., Amazon.com Inc., dan DoorDash Inc.

Gojek dan Tokopedia telah mempertimbangkan potensi merger sejak 2018. Tetapi diskusi dipercepat setelah pembicaraan kesepakatan antara Gojek dan pesaingnya, Grab Holdings Inc. menemui jalan buntu. (sumber: Bloomberg, Kontan)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x