Kompas TV bisnis kompas bisnis

Untuk Kali Pertama, Amazon Beli 11 Pesawat Agar Pengiriman Barang Lebih Cepat

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 00:09 WIB
untuk-kali-pertama-amazon-beli-11-pesawat-agar-pengiriman-barang-lebih-cepat
Logo Amazon. (Sumber: AP Photo / Steven Senne)
Penulis : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV – Amazon menyatakan pada Selasa (5/1), pihaknya telah membeli 11 pesawat jet dari maskapai Delta dan WestJet untuk mendongkrak jaringan pengantarannya yang tengah bertumbuh dan mengantar pesanan barang ke konsumen dengan lebih cepat.

Amazon mengatakan, ini merupakan kali pertama perusahaan itu membeli sejumlah pesawat bagi jaringan pengantarannya. Associated Press melaporkan, selama beberapa tahun terakhir, Amazon menyewa sejumlah pesawat untuk membangun armadanya.

Baca Juga: Amazon Bidik Perusahaan Rintisan Indonesia

“Punya pesawat sewaan dan pesawat milik sendiri pada armada kami yang tengah berkembang membuat kami lebih leluasa dan lebih baik mengatur operasional kami,” tulis Sarah Rhoads, wakil presiden Amazon Global Air dalam blognya.

Baca Juga: Amazon Diisukan Masuk Pasar Indonesia

Perusahaan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat (AS) ini mengantarkan sendiri sebagian besar paket pada pelanggan dan tidak terlalu bergantung pada UPS, Layanan Pos AS dan jasa ekspedisi lainnya. Selain armada pesawat, Amazon juga telah membangun sejumlah konter penyortir barang di bandara-bandara, membuka sejumlah gudang dekat dengan tempat tinggal para konsumen dan meluncurkan sebuah program bagi para kontraktor untuk memulai bisnis pengantaran barang dengan mobil van berlogo Amazon.

Baca Juga: Amazon & Apple Ikut Berebut Hak Distribusi Film “Bond”

Amazon mengatakan, 11 pesawat, yang seluruhnya merupakan tipe Boeing 767-300, akan dikonversikan dari pesawat pengangkut penumpang menjadi pesawat pengangkut barang. Empat pesawat jet yang dibeli dari maskapai WestJet akan bergabung dengan armada Amazon tahun ini, dan 7 pesawat dari maskapai Delta akan siap digunakan tahun depan. Pembelian ini membuat armada Amazon berjumlah total 85 pesawat pada tahun 2022.

Amazon menolak memberi bocoran harga pesawat-pesawat yang mereka beli.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x