Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Buka Kemungkinan Lowongan CPNS Guru pada 2021

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 18:32 WIB
pemerintah-buka-kemungkinan-lowongan-cpns-guru-pada-2021
Guru sedang mengajar di dalam kelas. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan pemerintah tidak menutup kemungkinan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi guru.

Namun demikian, pembukaan lowongan guru ini akan dilakukan secara terbatas, menyusul kebijakan pada 2021 yang fokus pada perekrutan pegawai pemerintah untuk perjanjian kerja (PPPK) atau kontrak.

"Tidak tertutup kemungkinan pemerintah tetap membuka formasi CPNS untuk guru. Namun, ini dilakukan secara terbatas guna menjamin keberlangsungan pendidikan," kata Bima dalam konferensi persnya yang disiarkan lewat YouTube BKN pada Selasa (5/1/2020).

Baca Juga: Siap-siap, Pemerintah Buka Lowongan CPNS dan PPPK Besar-besaran pada 2021

Bima menjelaskan, pemerintah saat ini memang tengah memprioritaskan perekrutan PPPK. Sebab, masih ada kekosongan tenaga pendidikan atau guru di banyak daerah.

Dengan prioritas pada 2021 yang akan merekrut 1 juta tenaga pendidik, ia berharap mampu mengisi kekosongan di banyak daerah tersebut.

"Untuk tahun ini kebutuhan mendesak pengangkatan PPPK dalam jabatan guru ini disebabkan terjadinya kekosongan guru di banyak daerah," kata Bima.

"Namun, apa yang dimaksud keberlangsungan pendidikan di sini adalah bahwa di sekolah diperlukan posisi manajerial yang harus diisi guru PNS."

Baca Juga: Rekrutmen Guru Status PNS di Tahun 2021 Ditiadakan, Ini Penjelasannya

Menurut Bima, perekrutan guru PPPK diperlukan karena untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Mendorong percepatan profesionalisme dan kinerja di sebuah instansi pemerintah.

"Untuk itu ke depan, pemerintah tetap akan membuka sesuai dengan kebutuhan dari posisi manajerial yang kosong di sekolah," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x