Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ini Daftar Miliarder China Yang Hilang Setelah Mengkritik

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 14:47 WIB
ini-daftar-miliarder-china-yang-hilang-setelah-mengkritik
Tembok China. (Sumber: KOMPAS.COM/Thinkstock)
Penulis : Dyah Megasari

BEIJING, KOMPASTV. Pendiri Alibaba menghilang bak ditelan bumi. Spekjulasi muncul karena kritikan tajamnya bahwa perbankan China bermental pegadaian.

Tetapi kasus menghilangnya taipan di China itu bukan yang pertama dikaitkan dengan investigasi Beijing. Bloomberg merekam, bahwa eksekutif senior dari 34 perusahaan yang terdaftar menghilang pada tahun 2015. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Ini Pernyataan Terakhir Jack Ma Sebelum Menghilang

Founder Securities

Lei Jie, mantan ketua perusahaan dan usaha patungannya dengan Credit Suisse, dibebaskan dari tahanan polisi setelah hilang pada Januari 2015. Pembebasan Jie dilakukan setelah dia membantu penyelidikan pemerintah. Founder Securities mengatakan tidak dapat menghubungi Lei setelah dia meminta cuti sakit selama seminggu. Dia diganti sebagai ketua dan diberhentikan dari dewan.

Fosun Group

Pada Desember 2015, kepala eksekutif berusia 48 tahun Guo Guangchang, yang dikenal sebagai "Warren Buffett dari China," menghilang. Mr Guo diperkirakan memiliki kekayaan US$ 6,9 miliar. Grup investasinya, Fosun, memiliki Club Med dan Cirque du Soleil di antara bisnis lainnya. Dia muncul kembali di AS setelah sekitar satu minggu dihabiskan di luar kontak.

Changjiang Securities

Mantan ketua Yang Zezhu, 62 tahun, melompat ke kematiannya pada 27 Januari 2016 setelah diselidiki oleh Partai Komunis atas dugaan korupsi.

China Aircraft Leasing Group

Kepala eksekutif Poon Ho Man mengundurkan diri melalui surat selama cuti tahunannya pada bulan Juni 2015 dan perusahaan mengatakan dia tidak bisa lagi dihubungi. Dia sedang diselidiki sebagai bagian dari penyelidikan korupsi, kata orang-orang yang mengetahui masalah itu kepada Bloomberg. Dia secara misterius muncul kembali di Hong Kong enam bulan kemudian.

Minsheng China Bank

Pada akhir Januari 2015, majalah Caixin melaporkan bahwa Presiden Mao Xiaofeng tidak dapat dihubungi setelah dibawa pergi oleh badan antikorupsi Partai Komunis untuk membantu penyelidikan. Bank mengatakan Mao mengundurkan diri karena "alasan pribadi". Belum ada kabar resmi lebih lanjut tentang Tuan Mao.

Dongjiang Environmental

Perusahaan limbah industri mengatakan pada Oktober 2015 bahwa mereka tidak dapat menghubungi Ketua Zhang Wei Yang dan telah diberi tahu oleh keluarganya bahwa dia sedang diselidiki. Tidak ada pengumuman yang dibuat tentang tuduhan apa pun terhadap Zhang.

Guotai Junan Internasional

Yim Fung, ketua unit Hong Kong dari Guotai Junan Securities, salah satu pialang terbesar China, tidak dapat dihubungi selama lebih dari sebulan setelah menghilang pada 18 November 2015, sebelum muncul kembali setelah "membantu dalam penyelidikan tertentu," menurut laporan Bloomberg . (Sumber: Bloomberg, Kontan)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x