Kompas TV religi beranda islami

Toleransi Jangan Kebablasan

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 04:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi | Editor : KompasTV Dewata

Toleransi (tasamuh) memiliki arti sikap membiarkan (menghargai), berlapang dada. Jadi, toleransi umat Islam terhadap kaum non muslim yang merayakan hari raya mereka, cukup dengan sikap membiarkan.

Membiarkan di sini maksudnya bukan berarti mengakuinya sebagai kebenaran, tetapi dalam arti arti tidak melarang atau tidak menghalang-halangi. Inilah toleransi yang diajarkan dalam Islam, karena Islam mengajarkan bahwa kaum non-muslim hendaknya dibiarkan untuk beragama dan beribadah menurut keyakinan mereka, mereka tidak diganggu dan tidak juga dipaksa untuk masuk Islam. (Kitab Muqaddimah Al Dustur, 1/32 Syeikh Taqiyuddin An Nabhani)

Sedangkan toleransi yang diartikan sebagai “partisipasi” (musyarakah) yang dilakukan muslim dalam hari raya umat non muslim, misalnya dengan mengucapkan selamat kepada hari raya agama lain, atau hadir bersama dalam acara keagamaan mereka, jelas melanggar syariah Islam, dan bukan seperti ini toleransi yang diajarkan syariah Islam.

Dua alasan utamanya. Pertama, karena perbuatan itu termasuk termasuk perbuatan menyerupai kaum kafir (tasyabbuh bil kuffar). Kedua, bentuk partisipasi (musyarakah) muslim dalam hari raya agama lain ini juga diharamkan dalam Islam.

 

Wallahu a’lam bish-shawab 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x