Kompas TV nasional peristiwa

Usai Ditemukan Drone Diduga Milik China, Prabowo Ajak Perkuat Pertahanan Rakyat Semesta

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 11:05 WIB
usai-ditemukan-drone-diduga-milik-china-prabowo-ajak-perkuat-pertahanan-rakyat-semesta
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memimpin Sertijab pejabat Eselon I di Lingkungan Kemhan. (Sumber: Dokumen Kemhan.go.id)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan tanggapan atas temuan benda yang disebut sebagai drone bawah laut diduga milik China yang ditemukan di perairan Indonesia.

Ihwal tanggapan Prabowo Subianto mengenai drone China itu disampaikan oleh Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dahnil mengungkapkan, menurut Prabowo dirinya sejak awal telah berkomitmen untuk memperkuat pertahanan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi temuan seperti drone China tersebut.

Baca Juga: [FULL] Penjelasan KSAL Soal Penemuan Benda Mirip Rudal di Selayar

Karena itu, kata Dahnil, Prabowo Subianto saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan, langsung melakukan muhibah ke banyak negara produsen alutsista terbaik.

Kunjungan Prabowo Subianto ke negara-negara produsen persenjataan tersebut, untuk mendapatkan alutsista terbaik.

Hal tersebut dilakukan demi memperkuat pertahanan Indonesia agar bisa menangkal masuknya kekuatan asing.

"Baik pertanahan laut, udara dan darat, dan juga untuk kepentingan memperkuat diplomasi pertahanan tentunya," kata Dahnil yang dikutip dari akun media sosial Instagram pribadinya pada Selasa (5/1/2021).

Baca Juga: Prabowo Kuliahi Jenderal TNI AD, Baru Tiba Langsung Diberi Hormat KSAD Jenderal Andika Perkasa

Lebih lanjut, mengenai penemuan drone China di perairan Selayar- Sulawesi Selatan, Kementerian Pertahanan mengajak publik untuk tidak berpolemik yang kontraproduktif.

Sebab, saat ini Kementerian Pertahanan dan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia khususnya Angkatan Laut telah menangani permasalahan drone China tersebut. 

Saat ini TNI AL sudah menyatakan bahwa drone China yang ditemukan tersebut adalah jenis Sea Glider yang biasa digunakan untuk survey data oseanografi.

Untuk lebih terperinci menenai drone China ini pihak TNI AL melalui Pusat Hidrografi dan Oseanografi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai Drone tersebut.

Baca Juga: Drone Bawah Laut Asing yang Ditemukan di Sulsel adalah Sea Glider, Apa Itu?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x