Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kemenkes Pastikan Perlu 15 Bulan Untuk Vaksinasi di Indonesia, Bukan 3,5 Tahun

Senin, 4 Januari 2021 | 00:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Kesehatan memastikan, proses vaksinasi di seluruh Indonesia akan membutuhkan waktu sekitar 15 bulan.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

“Indonesia membutuhkan waktu 15 bulan untk melaksanakan vaksinasi covid-19, yang akan dimulai dari Januari 2021 hingga Maret 2022”, ungkap Nadia (3/1/2020).

Proses vaksinasi di Indonesia dibagi menajadi dua tahap, dimana tahap pertama dikhususkan bagi tenaga medis dan pelayan publik yang dilaksanakan pada Bulan Januari – April 2021.

Sementara itu, tahapan kedua diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Vaksinasi tahapan kedua dimulai pada bulan April 2021 hingga Maret 2022.

Baca Juga: Otoritas Obat-obatan Mesir Setujui Vaksin Covid-19 Buatan Sinopharm, Vaksinasi Segera Dimulai

Sebelumnya, Menteri Kesehatan sempat mengeluarkan pernyataan terkait lamanya proses vaksinasi. Ia menyebut proses vaksinasi membutuhkan waktu sekitar 3,5 tahun.

Nadia memastikan, bahwa 3,5 tahun tersebut adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan vaksinasi seluruh dunia, bukan untuk Indonesia.

“Apa yang dimaksud Pak Menteri, bahwa 3,5 tahun itu adalah proyeksi penyelesaian vaksinasi seluruh dunia. Dan Indonesia sendiri berkomitmen untuk melaksanakan vaksinasi ini mulai dari Januari 2021 sampai dengan Maret 2022”, ungkapnya.

Saat ini, sebanyak 3 juta vaksin Covid-19 sinovac telah sampai di Indonesia setelah melewati dua tahapan penjemputan.

Penulis : Abdur Rahim | Editor : Edwin Shri Bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Jujur Membawa Ketenangan Jiwa

Rabu, 20 Januari 2021 | 20:27 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:33
GABUNGAN INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR INDONESIA (GAIKINDO): EKSPOR BUATAN MOBIL INDONESIA ANJLOK 30 PERSEN DI 2020   SEBANYAK 10 PENDAKI GUNUNG DEMPO MASUK DALAM DAFTAR HITAM KARENA MENGAMBIL KAYU PANJANG UMUR (CANTIGI)   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TELAH MENEMUI KPK DAN BPK UNTUK BAHAS VAKSIN COVID-19 MANDIRI ATAU BERBAYAR   KCI: DALAM MASA UJI COBA TERBUKA MULAI 1-7 FEBRUARI 2021, CALON PENUMPANG KRL YOGYAKARTA-SOLO HANYA BAYAR TIKET RP 1   MULAI 1 FEBRUARI 2021, KCI UJI COBA KRL YOGYAKARTA-SOLO DENGAN PENUMPANG TERBATAS BAGI MASYARAKAT UMUM   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, HOAKS   BADAN PUSAT STATISTIK MENYATAKAN TERDAPAT 1,8 JUTA TENAGA KERJA DI INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAMPAK PANDEMI   DIREKTUR EKSEKUTIF CORE INDONESIA M FAISAL: PELAKU INDUSTRI MANUFAKTUR TERUS MENURUN SELAMA PANDEMI   LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN SEMARANG, JAWA TENGAH, MASUK ZONA MERAH PENYEBARAN COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SUDAH MEMINTA PEMERINTAH MENGAMBIL ALIH KOORDINASI PENANGANAN COVID-19 DI JABODETABEK    JELANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA, SEBANYAK 37 GURU DI PADANG PANJANG, SUMBAR, POSITIF COVID-19   MENSOS TRI RISMAHARINI SEBUT WARGA KORBAN LONGSOR DI MANADO , SULAWESI UTARA, AKAN DIRELOKASI KE RUSUN   MENTERI LHK KLAIM HULU DAERAH ALIRAN SUNGAI BARITO WILAYAH KALIMANTAN SECARA KESELURUHAN MASIH TERJAGA BAIK   LAYANI KEBUTUHAN MAKANAN KORBAN BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN, MARINIR TNI AL DIRIKAN DAPUR LAPANGAN