Kompas TV regional peristiwa

Pos 3 Pilar Dibangun Dekat Eks Markas FPI, Danramil: seperti Siskamling Saja supaya Aman

Kompas.tv - 3 Januari 2021, 05:05 WIB
pos-3-pilar-dibangun-dekat-eks-markas-fpi-danramil-seperti-siskamling-saja-supaya-aman
Polisi berjaga-jaga saat mengawal pencopotan atribut FPI di markas FPI, Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2020). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komandan Rayon Militer (Danramil) 05 Tanah Abang Mayor Artileri Pertahanan Udara Saryono menegaskan bahwa pembangunan pos 3 pilar tidak ada hubungannya dengan pelarangan aktivitas Front Pembela Islam (FPI).

Posko tersebut dibangun sebagai pos keamanan lingkungan. Fungsinya pun, menurut Saryono, tidak jauh beda dengan siskamling.

"Kepentingan ini tidak jauh beda seperti siskamling saja, untuk kepentingan bersama dengan masyarakat. Supaya lingkungan ini aman, tidak ada apa-apa," ujar Saryono di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (2/1/2021).

Baca Juga: Polisi Ungkap Alasan Posko 3 Pilar Dibangun di Petamburan


Nantinya, lanjut Saryono, tidak hanya satu pos, melainkan akan ada banyak posko yang dibangun di sekitar Jakarta Pusat.

Namun pihaknya belum mendapatkan lokasi berikutnya yang akan dibangun pos.

Yang jelas, menurutnya, pos tiga pilar akan berfungsi seperti pos keamanan untuk membantu lingkungan agar lebih aman dan kondusif.

"Nanti ada beberapa titik, tapi yang lain kita belum dapat, belum dapat tempatnya," jelas Saryono.

Selain itu, Saryono menyebut bahwa pendirian pos bukan karena kepentingan pribadi. Dia ingin aparat dan masyarakat dapat berbaur bersama.

"Saya kepenginnya masyarakat sama kita semua berbaur, ini untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi saya. Saya tidak ada kepentingan untuk suatu yang macam-macam, tidak ada. Murni untuk kepentingan masyarakat, supaya kita bisa ya bersama-sama masyarakat," papar Saryono.

Baca Juga: Danramil: Posko 3 Pilar di Petamburan Murni Inisiatif dan Tak Ada Kaitannya dengan FPI

Diketahui, sejumlah anggota TNI melakukan penjagaan di Jl Petamburan III, Jakarta Pusat, usai spanduk FPI dicopot di lokasi. Sebuah posko pengamanan 3 pilar pun tengah dibangun di dekat eks markas FPI.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x