Kompas TV regional viral

Ada Patung Merlion di Madiun, Ini Alasannya

Kompas.tv - 2 Januari 2021, 10:48 WIB
ada-patung-merlion-di-madiun-ini-alasannya
Patung merlion di Madiun. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Patung Merlion kini menjadi ikon baru kota Madiun. Patung merlion ini berada di Taman Sumber Umis yang terletak di Jalan Pahlawan atau seberang jalan samping gedung Balai Kota Madiun. 

Patung Merlion lengkap dengan air mancur telah diresmikan Wali Kota Madiun Maidi Rabu malam (30/12/2020).

Sejumlah unggahan terkait keberadaan Patung Merlion ala Singapura di Kota Madiun, Jawa Timur ramai di media sosial, Jumat (1/1/2021). Bahkan kata "Madiun" sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Keberadaan Patung Merlion tersebut mendapatkan beragam reaksi dari netizen. Mayoritas dari mereka mempertanyakan mengapa ikon-ikon yang dibangun di kota itu justru tidak mencerminkan kebudayaan asli masyarakat setempat, sebaliknya malah meniru apa yang sudah ada di negara lain.

Saat dikonfirmasi terkait pembangunan Patung Merlion tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun, Suwarno menjelaskan, pembangunan yang dilakukan di Kota Madiun, terutama terkait dengan Patung Merlion tersebut memang dilakukan Pemkot untuk tujuan peningkatan perokonomian masyarakat Madiun di tengah pandemi Covid-19.

"Tujuan utama dari pembuatan patung-patung) ini untuk menghidupkan UMKM di tengah Covid-19 agar perkenomian cepat pulih," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

"Untuk menarik wisatawan, Pemkot harus membuat destinasi wisata buatan di sekitar Pahlawan Street Centre. Sekitar (jalan) Pahlawan merupakan pusat perbelanjaan sehingga di depannya harus ada tempat untuk UMKM. Dengan demikian masyarakat akan semakin tertarik untuk ke lokasi ini," jelas dia.

Selain patung replika Kabah yang sudah ada sebelumnya dan Patung Merlion yang baru saja diresmikan, Suwarno menyebut Pemkot masih akan mendirikan sejumlah ikon lain.

"Saat ini baru ada patung dan miniatur Kabah. Tahun depan direncanakan menara Eiffel dan 7 simbol negara-negara luar," jelasnya.

Namun, ia juga menegaskan, Pemkot Madiun bukannya melupakan ikon-ikon yang mencerminkan karakteristik wilayahnya.

Dalam waktu ke depan, pembangunan ikon yang mencerminkan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat akan dilakukan dan sudah ada dalam daftar perencanaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x