Kompas TV bisnis kompas bisnis

Ini Penjelasan Menteri Pertanian Terkait Tantangan dan Kondisi Sektor Pangan di Indonesia

Sabtu, 2 Januari 2021 | 05:00 WIB

KOMPAS.TV - Menjelang akhir tahun sejumlah harga komoditas seperti cabai rawit di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan harga.

Pedagang menyebut, minimnya pasokan dari petani membuat kenaikan harga sejumlah komoditas di tengah meningkatnya permintaan masyarakat. 

Contohnya, harga cabai di Pasar Gintung Bandar Lampung kini Rp 60.000 per kilogram, atau naik Rp 10.000 dari harga sebelumnya.

Selain cabai, telur, bawang merah sampai minyak goreng juga mengalami kenaikan harga.

Meski harga sejumlah bahan pangan saat ini naik, pemerintah memastikan bahan stok bahan pangan aman terkendali.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo turut menyebutkan ada 11 komoditi pangan dasar yang jadi fokus dan dikendalikan oleh pemerintah yakni beras, telur, cabai, jagung, daging ayam ras, daging sapi dsb.

Sektor pangan akan mengalami dinamika jika ada momentum tertentu seperti faktor cuaca dan momentum hari raya, maka dapat dipastikan harga komoditi pangan mengalami turun-naik karena supply and demand.

Kementerian Pertanian juga saat ini berfokus pada produktivitas dimana Kementan sudah menyiapkan mapping dari seluruh daerah di Indonesia untuk mendata daerah mana saja yang sedang panen besar, daerah mana yang butuh bantuan pupuk, daerah mana yang mengalami musim hujan, kemarau atau daerah mana yang sedang ramai momentum Hari Raya.

Selain itu, ekspor Kementan di saat pandemi saat ini meningkat menjadi 16,2 persen dan Kementan akan terus berupaya menjaga stabilitas pangan.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:32
INACA MEMPREDIKSI INDUSTRI PENERBANGAN MULAI MEMBAIK PADA AWAL 2022 UNTUK PENERBANGAN DOMESTIK   KETUM INACA DENON PRAWIRAATMADJA: KINERJA INDUSTRI PENERBANGAN DALAM NEGERI MEROSOT TAJAM PADA 2020   LEMBAGA TES MASUK PERGURUAN TINGGI (LTMPT): TINGKAT KEHADIRAN PESERTA UTBK TAHUN INI NAIK DIBANDING 2020   SEBANYAK 80.000 BENIH LOBSTER SENILAI RP 8 MILIAR DIAMANKAN DI BANDARA JUANDA SURABAYA   DISNAKER SURABAYA BENTUK SATGAS DAN POSKO PENGADUAN SOAL THR   PEMPROV DKI MENYATAKAN AKAN TINGKATKAN KOMPOSISI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2021/2022   PENGELOLA BANDARA SOEKARNO-HATTA SEBUT BELUM AKAN TERAPKAN TES GENOSE C19 PADA MEI 2021   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MEMINTA PARA OBLIGOR BLBI SECARA SUKARELA MEMBAYAR UTANG KEPADA NEGARA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: UTANG BLBI KEPADA NEGARA MENCAPAI LEBIH DARI RP 110 TRILIUN   BMKG: MASIH ADA PELUANG CUACA EKSTREM DI WILAYAH BANDUNG DAN SEKITARNYA HINGGA AKHIR APRIL 2021   BNPB: SEPANJANG 2021, SEBANYAK 1.125 BENCANA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.225 ORANG: 3.316 SEMBUH, 181 MENINGGAL DUNIA, DAN 728 DALAM PERAWATAN   HINGGA 15 APRIL 2021, PASIEN COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.589.359 ORANG, 1.438.254 SEMBUH, DAN 43.073 MENINGGAL DUNIA   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MINTA TIM VAKSIN NUSANTARA SEBAIKNYA BERKOORDINASI DENGAN BPOM