Kompas TV bisnis kompas bisnis

Ini Penjelasan Menteri Pertanian Terkait Tantangan dan Kondisi Sektor Pangan di Indonesia

Kompas.tv - 2 Januari 2021, 05:00 WIB

KOMPAS.TV - Menjelang akhir tahun sejumlah harga komoditas seperti cabai rawit di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan harga.

Pedagang menyebut, minimnya pasokan dari petani membuat kenaikan harga sejumlah komoditas di tengah meningkatnya permintaan masyarakat. 

Contohnya, harga cabai di Pasar Gintung Bandar Lampung kini Rp 60.000 per kilogram, atau naik Rp 10.000 dari harga sebelumnya.

Selain cabai, telur, bawang merah sampai minyak goreng juga mengalami kenaikan harga.

Meski harga sejumlah bahan pangan saat ini naik, pemerintah memastikan bahan stok bahan pangan aman terkendali.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo turut menyebutkan ada 11 komoditi pangan dasar yang jadi fokus dan dikendalikan oleh pemerintah yakni beras, telur, cabai, jagung, daging ayam ras, daging sapi dsb.

Sektor pangan akan mengalami dinamika jika ada momentum tertentu seperti faktor cuaca dan momentum hari raya, maka dapat dipastikan harga komoditi pangan mengalami turun-naik karena supply and demand.

Kementerian Pertanian juga saat ini berfokus pada produktivitas dimana Kementan sudah menyiapkan mapping dari seluruh daerah di Indonesia untuk mendata daerah mana saja yang sedang panen besar, daerah mana yang butuh bantuan pupuk, daerah mana yang mengalami musim hujan, kemarau atau daerah mana yang sedang ramai momentum Hari Raya.

Selain itu, ekspor Kementan di saat pandemi saat ini meningkat menjadi 16,2 persen dan Kementan akan terus berupaya menjaga stabilitas pangan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.