Kompas TV nasional kesehatan

Hari Ini Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik, Cek Detailnya

Jumat, 1 Januari 2021 | 09:53 WIB
hari-ini-iuran-bpjs-kesehatan-kelas-iii-naik-cek-detailnya
Tangkapan layar poster registrasi ulang BPJS Kesehatan. (Sumber: BPJS Kesehatan)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Iuran program jaminan kesehatan nasional BPJS Kesehatan untuk kelas III naik mulai Jumat (1/1/2021). Peserta BPJS Kesehatan kelas III sebelumnya membayar tarif Rp 25.500, tetapi kini menjadi Rp 35.000.

“Sebenarnya tidak ada kenaikan iuran BPJS Kesehatan kelas III, yang membedakan besaran subsidi pemerintah,” ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Penyesuaian Iuran BPJS Kesehatan untuk Peserta Mandiri Kelas III Mulai Berlaku 1 Januari 2021

Ia menyebutkan besaran iuran BPJS Kesehatan kelas III adalah Rp 42.000. Pada 2020, peserta hanya membayar Rp 25.500 karena sisanya sejumlah Rp 16.500 dibayar oleh pemerintah, sedangkan pada tahun ini peserta wakib membayar Rp 35.000 karena subsidi pemerintah hanya Rp 7.000.

Untuk peserta JKN/KIS tidak dipungut biaya apapun. Sementara, Pekerja Penerima Upah (PPU) di lembaga pemerintahan, seperti PNS, Anggota TNI/Polri, besaran iuran lima persen dari gaji. Mekanismenya, terdiri dari empat persen dibayar oleh pemberi kerja, sedangkan satu persennya dibayar oleh peserta. Hal ini juga berlaku untuk PPU di BUMN, BUMD, dan swasta.

Bagi veteran, perintis kemerdekaan, janda atau duda, dan anak yatim piatu, iuran ditetapkan sebesar lima dari 45 persen gaji pokok PNS golongan ruang III/a dengan masa kerja 14 tahun.

Untuk iuran BPJS Kesehatan kelas I dan II tidak naik, tetap Rp 150.000 dan Rp 100.000.

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:37
KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO HINGGA 24 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI SEBUT KURVA KASUS COVID-19 AKAN TURUN SETELAH 70 JUTA PENDUDUK DIVAKSINASI   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI MAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   PRESIDEN JOKOWI MEWANTI-WANTI KEPALA DAERAH TAK MEMPERLAMBAT IZIN INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH YANG BARU TERPILIH PADA PILKADA 2020 BEKERJA SECARA CEPAT   BPOM: KOMPONEN UTAMA PEMBUATAN VAKSIN NUSANTARA DIIMPOR DARI AMERIKA SERIKAT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN KEPALA DAERAH HINDARI PERILAKU KORUPTIF DAN DAPAT JALANKAN AMANAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN BERIKAN DUKUNGAN MAKSIMAL UNTUK KESUKSESAN PENYELENGGARAAN FIBA ASIA CUP 2021   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA PENYELENGGARAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN LIGA 2 DISIAPKAN SECARA MATANG   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGA TERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   POLDA JAWA BARAT MINTA PEMDA DATA PEMUDIK SUDAH PULANG KAMPUNG DULUAN   LARANGAN MUDIK LEBARAN, POLDA JAWA BARAT SIAPKAN 120 TITIK PENYEKATAN   KAPOLRI HARAP PERPANJANG SIM DI APLIKASI DARING HAPUS CELAH CALO