Kompas TV nasional peristiwa

Kemenkes Sudah Kirim SMS Penerima Vaksin, Siap-siap Disuntik

Jumat, 1 Januari 2021 | 08:10 WIB
kemenkes-sudah-kirim-sms-penerima-vaksin-siap-siap-disuntik
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech (Sumber: AP Photo)

Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kesehatan sudah mulai mengirimkan pesan singkat atau SMS kepada penerima vaksin Covid-19, di ahir tahun 2020, Kamis (31/12/2020).  Pengiriman SMS itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 terhadap sasaran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU diawali dengan pengiriman pemberitahuan melalui Short Message Service (SMS) Blast pada tanggal 31 Desember 2020," demikian bunyi peraturan tersebut. 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Nadia Tarmizi, mengatakan, pengiriman SMS pertama pada 31 Desember 2020 merupakan edukasi kepada penerima vaksin. "SMS hari ini sifatnya edukasi, mengajak, dan mengingatkan tentang vaksinasi Covid-19," kata Nadia kepada Kompas.com, Kamis (31/12/2020). 

Baca Juga: Pesan Tahun Baru 2021 Presiden Joko Widodo: Vaksinasi Covid-19 Akan Dimulai Pertengahan Januari

Pengirim SMS tersebut adalah " Kemenkes" atau "Kominfo" atau "Vaksin Covid-19". Nadia memastikan, mereka yang menerima SMS edukasi ini dipastikan masuk dalam prioritas pertama vaksinasi virus corona.

Mereka adalah kelompok masyarakat berusia 18-59 tahun dan diutamakan dari tenaga kesehatan. Oleh karena itu, mereka harus memastikan data NIK dan nomor ponsel dengan cara mengisi identitas pada link formulir yang akan dikirim melalui SMS selanjutnya.

Baca Juga: 1,8 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tahap 2 Tiba di Indonesia

Untuk penerima SMS diminta mengisi form terkait identitas diri.  Dalam Keputusan Menkes Nomor HK.01.07/Menkes/12757/2020 juga telah disebutkan bahwa masyarakat yang menerima SMS wajib mengikuti pelaksanaan vaksinasi. 
 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x